PT Bestprofit Medan

Lampu Jalan Berteknologi Intelligent LED: Efisien, Hemat Biaya, dan Mampu Menyelamatkan Jiwa

PT Bestprofit Futures Medan

PT Bestprofit Futures Medan

Bayangkanlah skenario berikut ini: Suara ledakan peluru menggema di jalanan sebuah kota di malam hari. Para pejalan kaki dan pengendara yang sedang lewat sontak mencari-cari asal suara tersebut, namun sulit sekali untuk dapat melihat ditengah keadaan yang gelap gulita. Lampu jalanan yang berada paling dekat akan otomatis bereaksi. Begitu ia mendengar suara ledakan senjata, secara otomatis lampu akan menyala hingga titik paling terang untuk menyinari lokasi kejadian, merekam sang pelaku dan menghubungi layanan gawat darurat – secara otomatis.

Atau bagaimana dengan layanan gawat darurat medis? Sistem intelligent lighting dapat menjadi pusat infrastruktur perawatan kesehatan, sebagai jaringan yang dapat memberikan informasi secara real- time kepada pengelola-pengelola rumah sakit mengenai lokasi dan status pasien. Hal ini dapat memperbaiki kualitas pelayanan medis dan mempercepat layanan gawat darurat secara signifikan.

Implementasi teknologi canggih seperti di atas dapat Anda nikmati tidak lama lagi. Intelligent LED Lighting yang tersambung pada sistem jaringan (lihat gambar di atas) dilengkapi dengan sensor dengan kemampuan melihat, merasa dan mendengar, tidak lama lagi akan menerangi jalanan dan lorong-lorong kota, meningkatkan keamanan, mengoptimalkan lalu lintas, memonitor lingkungan, dan banyak hal lainnya.

Ada hingga 90 juta lampu jalan di A.S. dan Eropa. Memperbaharui teknologi lighting memiliki potensi besar guna mewujudkan smart cities.

Meskipun teknologi ini dapat menghemat biaya, masih banyak pemerintah kota yang enggan menanamkan investasi untuk teknologi yang berbau futuristik. Namun, sesunguhnya investasi tersebut dapat menjadi solusi. “Kecerdasan adalah kunci penghematan,” ujar Agostino Renna,president dan CEO GE Lighting Europe, Middle East dan Afrika.

Bagaimana caranya? Menurut Renna hal ini dapat diwujudkan melalui beragam teknologi pintar yang dapat membantu kota-kota menghasilkan keuntungan. “Banyak pasar yang ingin mencakup lingkup yang lebih kecil,” kata Renna. “Pilihannya ada dua: apakah anda memiliki pemerintah daerah yang enggan berkembang dan membiarkan biaya pengeluaran organisasi terkucur habis, atau anda memiliki kota-kota kreatif yang menyambut inovasi.” PT Bestprofit Futures Medan

Sumber Oleh : gereports.co.id