PT Bestprofit Medan

Lestarikan Cerita Rakyat Nusantara Lewat Pameran Kebudayaan di Padang

Best profit Futures6Best Profit Futures – Beragam cerita rakyat Nusantara dipamerkan di Museum Adityawarman, Padang. Kegiatan yang berjudul “Keajaiban Cerita Rakyat Nusantara” tersebut terselenggara berkat Direktorat Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya, Direktoriat Jendral (Ditjen) Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) .

Pameran yang digelar selama seminggu dari 18 hingga 23 November 2014 ini melibatkan sejumlah sekolah di Padang. Pameran ini tidak dipungut biaya dan mengratiskan pengunjungnya untuk melakukan kunjungan ke museum.

Direktur Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya, Diah Harianti di Padang, mengatakan “Sejumlah cerita rakyat yang dipamerkan dalam pameran ini diharapkan bisa mendorong minat masyarakat, terutama generasi muda agar mau menggali kekayaan budaya bangsa,” ujarnya.

Menurut beliau, ragam kebudayaan Indonesia akan hilang jika tidak dilestarikan. Karena Indonesia itu memiliki beragam kebudayaan yang sangat menarik dan memiliki nilai luhur yang tidak dimiliki oleh bangsa lain.

“Pelestarian nilai-nilai budaya ini bukan hanya tugas pemerintah, tetapi juga tugas semua lapisan masyarakat yang memiliki budaya tersebut,” paparnya.

Diah menambahkan bahwa saat ini Direktorat Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya telah mencatat dan mengidentifikasi ada sekitar 4.000 cerita rakyat dari seluruh daerah di Indonesia.

Noviyanti selaku Kepala Museum Adityawarman ikut berkomentar bahwa dirinya sangat antusias membantu pegelaran pameran Kekayaan Budaya Indonesia. Karena pameran tersebut ikut memberi andil dalam mendorong masyarakat untuk datang ke museum.

Sumber : kesekolah.com