PT Bestprofit Medan

Manfaat dan Khasiat Buah Kedondong

Best profit Futures6Best Profit Futures – Buah kedondong yang memiliki nama latin Spondias Dulcis ini merupakan tanaman besar yang memiliki pohon bisa mencapai 20 Meter, dan biasanya dapat dijumpai di tanah dataran dan juga di daerah yang beriklim Tropis seperti Indonesia. Pernahkah Anda merasakan buah yang satu ini, buah dengan tekstur renyah dan rasa manis sedikit asam ini banyak disajikan dalam bentuk asinan, rujak, acar, jus, manisan, jeli, selai, dodol, dan sirup. Ternyata kedondong bukan hanya enak untuk disantap tapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Buah kedondong memiliki unsur gula dalam bentuk sukrosa yang bermanfaat sebagai penambah energi dan vitalitas tubuh. Begitu juga dengan kandungan seratnya dan airnya yang cukup tinggi bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan mencegah dehidrasi.

Buah kedondong juga memiliki kandungan lemak yang rendah, sehingga cocok untuk makanan cemilan segar bagi yang sedang menjalani program diet. Buah yang sering dijadikan rujak ini memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat.

Berikut beberapa manfaat dan khasiat kedondong untuk kesehatan tubuh:

1. Obat batuk.
Didalam buah kedondong mengandung zat asam dan vitamin C, hal ini mampu menurunkan atau menghilangkan batuk.

2. Untuk daya tahan tubuh.
Kandungan zat gizi yang terkandung dalam buah kedondong adalah unsur gula dalam bentuk sukrosa yang penting sebagai vitalitas dan daya tahan tubuh. Kandungan air dan serat dari buah kedondong cukup tinggi dan bermanfaat untuk melancarkan buang air besaar (BAB) serta mencegah dehidrasi.

3. Obat Disentri.
Bagian daun dan kulit batang dari pohon kedondong bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan. Daun dan kulit pohon ini banyak mengandung flavanoida, saponin, dan tannin. Kandungan ini sangat bermanfaat untk menyembuhkan penyakit disentri. Cara pemanfaatannya adalah gunakan kurang lebih 15 gram kulit batang kedondong segar yang telah dicuci bersih. Lalu potong kecil-kecil dan rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Tunggu sampai dingin lalu saring dan air hasil saringan dapat diminum 2 kali sehari.

4. Untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Tubuh
Kaya akan kandungan vitamin C yaitu 30-50 mg dalam 100 gram buah kedondong sehingga rajin mengkonsumsi buahnya dapat membantu proses regenerasi kulit dengan cara meningkatkan produksi kolagen yang berperan penting dalam elastisitas kulit. Selain itu, vitamin C juga bersifat antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas.

Masih banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi kedondong. Nah jika Anda menginginkan kesehatan yang herbal tidak ada salahnya memanfaatkan kedondong untuk pengobatan atau sekedar menjaga kesehatan Anda.

Sumber : kesekolah.com