PT Bestprofit Medan

Manfaat Sehat Memelihara Tanaman dalam Ruangan

Best profit Futures6Best Profit Futures – Rumahku adalah istanaku. Rasanya, slogan ini tidak pernah salah. Setelah seharian beraktivitas, rumah menjadi tempat melepaskan penat dan memperoleh kembali energi yang hilang setelah beraktivitas. Oleh karena itu, desain rumah yang menarik akan menambah nilai plus dari rumah itu sendiri dan juga membuat penghuni rumahnya akan semakin betah dan semakin rileks. Memelihara tanaman didalam ruangan rupanya bukan sekedar hobi atau iseng-iseng saja. Sejumlah pakar kesehatan menyebutkan, memelihara tanaman didalam ruangan dapat meningkatkan kualitas udara di dalam rumah, termasuk juga menyehatkan penghuninya. Tidak banyak yang tahu bahwa ternyata memelihara tanaman dalam ruangan ternyata juga baik untuk kesehatan.

Berikut beberapa manfaat sehat memelihara tanaman dalam ruangan
1. Meningkatkan kesehatan mental
Karena tingkat stres akan berkurang akibat adanya tanaman di dalam ruangan, maka kesehatan mental serta suasana hati akan meningkat.

2. Meningkatkan kesehatan pernapasan
Saat bernapas, Anda akan menghirup oksigen dan melepaskan karbon dioksida. Tanaman sendiri akan menyerap karbon dioksida tersebut dan melepaskan oksigen saat fotosintesis. Sehingga dengan menambahkan tanaman, maka cadangan oksigen dalam rumah Anda akan meningkat. Selain manfaat tersebut, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa tanaman mampu menyerap racun dalam rumah yang hadir dalam karpet, rokok, atau cat. Tanaman mampu menghapus racun ini hingga 87% dalam waktu 24 jam.

3. Mempercepat pemulihan
Penelitian telah menunjukkan bahwa memelihara tanaman di kamar rumah sakit mempercepat tingkat pemulihan pasien yang memulihkan diri setelah operasi. Pasien yang kamarnya diisi dengan tanaman menunjukkan bahwa sedikit konsumsi obat penghilang rasa sakit, memiliki tekanan darah yang lebih rendah, serta mudah mengatasi stres.

4. Mengurangi alergi dan asma
Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Agriculture di Norwegia menemukan bahwa tanaman hias dapat membantu meringankan gejala alergi. Tanaman meningkatkan kadar kelembaban dan mengurangi debu di rumah Anda. Studi ini menunjukkan bagaimana tanaman indoor mengurangi batuk, sakit tenggorokan, dan penyakit pernapasan lainnya serta gejala asma terkait hingga lebih dari 30 persen.

5. Meningkatkan fungsi kognitif
Keberadaan tanaman di dalam ruangan mampu meningkatkan kemampuan berkonsentrasi, mengingat, serta meredakan stres. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tingkat konsentrasi siswa akan meningkat hingga 70% saat ada tanaman di dalam kelas mereka.

Ternyata, meletakkan tanaman di dalam ruangan mampu meningkatkan kesehatan tubuh Anda secara tidak langsung. Jadi tunggu apa lagi, segera tempatkan tanaman hias di celah kosong dalam rumah Anda.

Sumber : kesekolah.com