PT Bestprofit Medan

Mark Zuckerberg Dituding Sebagai Diktator

PT Bestprofit Futures Medan

PT Bestprofit Futures Medan

– Jakarta – Facebook, dengan pengguna tembus 1 miliar, adalah jejaring sosial terbesar sejagat. Kalau diibaratkan sebuah negara, Facebook adalah negara terbesar di dunia dan pendirinya, Mark Zuckerberg, adalah seorang diktator.

Itulah yang dikatakan oleh salah satu pendiri situs file sharing Pirate Bay, Peter Sunde. Menurutnya dengan mengambil contoh Facebook, tidak ada demokrasi di dunia online.

“Orang di industri teknologi memiliki banyak tanggungjawab, namun mereka tak pernah mendiskusikan hal ini. Facebook adalah negara terbesar di dunia dan jika Anda melihat dari sudut pandang demokrasi, Mark Zuckerberg adalah diktator. Dia yang membuat peraturan,” tutur Sunde.

“Dan Anda tak bisa keluar dari Facebook. Aku sendiri tak memakai Facebook namun akibatnya ada banyak kesulitan di dunia offline ku. Tidak ada undangan ke pesta, tak ada update dari temanku, orang berhenti bicara karena Anda tak punya Facebook. Jadi memang ada implikasinya di dunia nyata,” jelasnya.

Menurutnya, banyak negara tidak bisa berbuat apa apa terhadap kekuasaan Facebook dan tak melakukan sensor. Bahkan kadang, kepala negara sendiri yang harus turun tangan memprotes Facebook, seperti yang dilakukan kanselir Jerman Angela Merkel, yang memprotes Zuck terkait postingan anti imigrasi.

Di sisi lain, Sunde juga tak setuju Facebook mensyaratkan pengguna untuk memakai nama aslinya. Hal ini bisa berbahaya karena pengguna bisa menjadi incaran sanksi di beberapa negara, kalau dianggap berbuat salah di Facebook.

“Alasan kebijakan nama asli itu adalah karena Zuckerberg ingin terus menambah uangnya,” tudingnya yangdetikINET kutip dari CNBC.

Belum ada tanggapan Facebook soal tudingan Sunde tersebut. Dalam estimasi terakhir, pengguna Facebook saat ini berada di kisaran 1,6 miliar. PT Bestprofit Futures Medan

Sumber oleh : inet.detik.com