PT Bestprofit Medan

Memasuki Musim Hujan, Awas Penyakit Menular!

Best profit Futures5Best Profit Futures – Memasuki musim hujan dan berbagai penyakit pun bertebaran. Jika tidak bisa menjaga kesehatan, maka penyakit akan mudah masuk ke dalam tubuh Anda. Apalagi cuaca yang sulit diprediksi dan angin kencang yang memudahkan menyebarnya virus penyakit.

Seperti yang dijelaskan dr. Fransisca Alvionita dari MeetDoctor.com, beberapa penyakit yang sering muncul dan dialami banyak orang kala musim hujan di antaranya:

  • Infeksi atau masalah saluran pernafasan

    Udara dan lingkungan yang dingin saat musim penghujan cenderung membuat orang untuk diam di dalam ruangan. Hal ini bisa memudahkan penularan penyakit dari satu orang ke orang lainnya. Yang paling sering adalah virus influenza, yang muncul dengan gejala hidung tersumbat dan berair, nyeri kepala, demam, dsb. Pada seseorang yang memang sudah memiliki riwayat asma, keadaan dingin ini terkadang bisa memunculkan keluhan asmanya kembali.

  • Diare atau muntaber

    Saat musim hujan, pada beberapa daerah sering disertai dengan banjir. Bila kebersihan lingkungan terutama makanan tidak baik maka rentan sekali terkena masalah pencernaan yang biasanya muncul dengan gejala frekuensi BAB yang lebih sering ataupun konsistensi yang cair dari biasanya.

  • Leptospirosis

    Meski penyakit ini jarang dijumpai. Namun saat musim hujan dan banjir, waspadalah terhadap kemungkinan infeksi ini. Leptospira biasanya ada pada air atau tanah yang terkontaminasi dengan urine hewan yang terinfeksi, contohnya tikus. Keluhan yang muncul antara lain demam, nyeri otot betis, kuning.

Nah Ladies, jika Anda habis kehujanan, maka segera bersihkan badan Anda. Jika memungkinkan mandi dengan air hangat lalu keringkan badan Anda secara keseluruhan. Pakai pelembab kulit untuk menghindari dari kekeringan pada kulit. Gunakan pakaian yang cukup memberi Anda kehangatan. Konsumsi makanan yang hangat, hindari olahan goreng terlalu banyak, dan minumlah air putih yang cukup.

Tak lupa, dr. Fransisca Alvionita juga memberikan tips agar tubuh tetap fit. Caranya cukup mudah, yaitu dengan memastikan Anda mengonsumsi makanan bergizi seimbang, bila bingung Anda bisa ingat slogan 4 sehat 5 sempurna (lebih baik). Konsumsilah air putih yang cukup. Hindari merokok dan stress. Luangkan waktu untuk berolahraga setidaknya 2-3 kali dalam seminggu. Dan pastikan ada cukup istirahat.

Jangan lupa untuk mengkonsumsi suplemen vitamin. Gunakan alas kaki atau sepatu, serta hindari genangan air saat banjir terutama bila Anda memiliki luka. Selalu biasakan cuci tangan dan kaki setelah beraktivitas.

Sumber : vemale.com