PT Bestprofit Medan

Memori Android Kepenuhan? Ini 4 Solusinya

Bestprofit Futures Medan

Bestprofit Futures Medan

KOMPAS.com – Mendapat notifikasi soal kapasitas memori smartphoneyang penuh adalah salah satu hal paling menyebalkan di era teknologi. Apalagi jika notifikasi itu muncul ketika Anda sedang merekam video momentum penting.

Anda bisa saja menambah kapasitas memori dengan microSD eksternal. Lantas, bagaimana jika memori itu juga telah maksimal digunakan?

Sebenarnya ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk memberikan ruang yang lebih luas bagi memori smartphone di Android. Misalnya saja dengan menghapus aplikasi yang tak sering digunakan.

Selain itu, ada beberapa trik lain yang bisa dilakukan, sebagaimana dilaporkan KompasTekno, Senin (16/1/2017) dari TechRadar.

Pertama, hapus cache dan data pada aplikasi. Langkah ini pas untuk Anda yang enggan menghapus aplikasi di smartphone.

Cukup tandangi “Settings”, “Storage”, lalu pilih “Apps”. Anda akan menemukan opsi “Clear Data and Clear Cache”. Bersamaan dengan itu, Anda bisa melihat sebanyak apa cache dan database suatu aplikasi meraup memori.

Pasca menghapus cache dan database, penjajalan aplikasi akan kembali seperti pertama kali Anda menginstalnya. Misalnya saja untuk Facebook, Anda akan otomatis keluar atau log out setelah menghapuscache dan database.

Kedua, sinkronisasi foto dan video ke cloud. Bagi Anda yang doyanselfie dan merekam video, perlu diketahui bahwa dua konten itu cukup besar meraup memori.

Jika Anda tak tega menghapus foto dan video, opsi yang bisa dilakukan adalah menyinkronkan konten-konten itu ke cloud. Untuk Android, salah satu layanan cloud yang disediakan untuk foto dan video adalah Google Photos.

Sebelum mengunggah file foto tersebut, tidak ada salahnya menggunakan jaringan Wi-Fi. Pasalnya, fitur yang satu ini cukup memakan data internet.

Cara sinkronisasinya mudah, tandangi “Settings” lalu pilih “Backup & Sync”. Selanjutnya, klik pilihan “Free Up Space” untuk menghapus foto dan video di galeri yang sudah disalin ke Google Photos.

Ketiga, hapus data dari peramban alias browser. Rekam jejak Anda dalam berselancar maya akan tersimpan dan sedikit banyak juga meraup memori smartphone.

Karenanya, ada baiknya menghapus data dari browser mobile secara berkala. Pada browser Chrome di Android, Anda cukup memilih “Settings”, “Privacy”, lalu “Clear Browsing Data”.

Selanjutnya, centang data apa yang ingin Anda bersihkan. Pilihannya ada history, cookies dan data situs, cache foto dan file, serta passwordyang tersimpan.

Keempat, hapus film dan playlist musik offline. Mekanisme bersih-bersih ini berlaku bagi Anda yang rutin menjajal aplikasi video atau musik on-demand semacam Netflix dan Spotify.

Baru-baru ini Netflix menyediakan opsi untuk menonton secara offlinedengan mekanisme mengunduh konten ketika terhubung Wi-Fi atau terkoneksi internet cepat.

Perlu diperhatikan bahwa pengunduhan itu menyebabkan film tersimpan dalam memori smartphone. File film umumnya berkisar 2 GB.

Jika Anda banyak mengunduh dan menyimpannya di smartphone, tentu memori akan cepat habis. Sebaiknya hapus film setelah Anda tonton.

Selamat mencoba! Bestprofit Futures Medan

Sumber oleh : tekno.kompas