PT Bestprofit Medan

Menang Tipis atas Liverpool, Madrid Pastikan Tiket 16 Besar

Best profit Futures7Best Profit Futures, Madrid – Real Madrid memang hanya menang tipis 1-0 (1-0) atas Liverpool dalam penyisihan Grup B, Selasa (4/11) atau Rabu dini hari WIB. Namun hasil ini sudah cukup membawa “Los Blancos” memastikan diri melaju ke babak 16 besar Liga Champions. Gol yang membuat tuan rumah memetik kemenangan dilesakkan Karim Benzema pada menit ke-27.

Madrid kini kian mantap bertengger di puncak dengan koleksi 12 poin, hasil selalu menang dalam empat partai yang sudah mereka mainkan. Pelatih Carlo Ancelotti tentunya bisa sedikit santai menghadapi dua pertandingan sisa. Dia kini bisa lebih fokus di kompetisi La Liga. 

Dalam partai di Stadion Santiago Bernabeu ini, tuan rumah Madrid tetap menurunkan formasi 4-4-2 seperti yang diusung akhir-akhir ini oleh pelatih Carlo Ancelotti.

Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema dipercaya menjadi duet di lini depan. Keduanya ditopang barisan gelandang yakni dua pemain sayap James Rodriguez di kanan serta Isco di kiri. Luka Modric dan Toni Kroos berjaga di kedalaman.

Gareth Bale tak diturunkan sebagai starter karena kondisinya belum 100 persen pulih. Namun namanya tercantum di daftar pemain cadangan.

Hal mengejutkan justru dibuat oleh pelatih Liverpool, Brendan Rodgers. Banyak pemain yang biasanya turun sebagai pemain utama, kini justru duduk di bangku cadangan termasuk kapten Steven Gerrard, Mario Balotelli, Raheem Sterling, serta Philippe Coutinho, dan Jordan Henderson.

Di lini depan, striker asal Italia Fabio Borini menjadi tumpuan. Eks pemain Sunderland ini dibantu tiga pemain di belakangnya yaitu Adam Lallana, Joe Allen, serta Lazar Markovic. Menarik untuk disaksikan bagaimana upaya tim lapis kedua ini mengimbangi permainan Madrid yang grafiknya kini tengah menanjak.

Saat laga baru berjalan empat menit, gawang Liverpool sudah mendapat ancaman. Pemain sayap Madrid, James Rodriguez, melancarkan tendangan kaki kiri melengkung dan membuat kiper Simon Mignolet harus bekerja keras menepisnya.

Menit ke-10, Ronaldo mendapat peluang emas. Kesalahan bek Martin Skrtel membuat Karim Benzema bisa dengan leluasa menyodorkan bola kepada Ronaldo. Beruntung Liverpool memiliki kiper sekelas Mignolet. Kiper asal Belgia ini dengan cemerlang berhasil menepis tendangan Ronaldo. Untuk kedua kalinya Mignolet sukses meredam serangan ke gawangnya.

Benzema memecah kebuntuan Real Madrid setelah mampu menjebol gawang “The Reds” pada menit ke-27. Gol berawal dari umpan silang yang dikirim bek kiri, Marcelo, ke depan gawang Liverpool. Benzema yang sudah berada di sana, tak menyia-nyiakan kesempatan.

Dengan sedikit menjatuhkan diri dia menyambut bola dan membobol gawang Simon Mignolet. Skor pun berubah 1-0 untuk Madrid.

Menit ke-34, Ronaldo melancarkan tendangan bebas yang keras dari jarak sekitar 30 meter. Bola tepat mengarah ke gawang, namun Mignolet kembali menunjukkan keangguhannya. Dia mementahkan bola dengan kedua tangannya.

Serangan bertubi-tubi kembali harus diterima Liverpool, setelah gol Benzema. Hanya dalam waktu satu menit, tepatnya pada menit ke-38 dan 39, Madrid memberondong gawang Mignolet lewat aksi Ronaldo dan Marcelo. Madrid terus mendominasi namun hingga babak pertama berakhir skor tak berubah tetap 1-0.

Memasuki babak kedua, Real Madrid tetapmengambil inisiatif menyerang dan mendominasi permainan. Namun Liverpool lebih memberikan perlawanan dalam babak setelah jeda ini.

Pada menit ke-58, Liverpool mendapat peluang terbaik mereka di pertandingan ini. Adam Lallana melancarkan tendangan kaki kiri yang hampir menjebol gawang tuan rumah. Kiper Iker Casillas sebenarnya sudah mati langkah, namun bola ternyata hanya lewat di depan gawang lalu keluar meninggalkan lapangan.

Menit ke-68, Madrid kembali mengancam. Prosesnya persis seperti gol pertama. Marcelo mengirim umpan silang dari sisi kanan pertahanan Liverpool yang langsung disambut Benzema. Namun kali ini tendangan penyerang Prancis itu melambung di atas gawang Mignolet.

Untuk mengimbangi permainan Madrid, Rodgers akhirnya memasukkan Steven Gerrard dan Raheem Sterling pada menit ke-68. Philippe Coutinho juga akhirnya dimainkan pada menit ke-74 menggantikan Emre Can.

Real Madrid mendapat tendangan bebas. Ronaldo kembali menjadi eksekutor tembakan dari jarak 23 meter ini. Tendangannya tepat mengarah ke tengah gawang, namun di sana Mignolet kembali menjadi penghalang bagi mantan pemain Manchester United ini untuk menambah koleksi golnya.

Liverpool memang tampil lebih baik pada babak kedua ini. Namun hingga laga usai tak ada lagi gol yang terjadi. Kekalahan ini kian membuat Liverpool kesulitan untuk meraih tiket ke putaran kedua. Mereka masih tercecer di urutan ketiga dengan tiga poin sama dengan penghuni urutan keempat Ludogorets.

Di Grup B ini, Basel juga menjadi calon kuat menemani Madrid melaju ke babak 16 besar. Tim Swiss ini telah mengoleksi enam poin setelah sukses menundukkan Ludogorets dengan skor telak 4-0.

Susunan Pemain

Real Madrid (4-4-2): 1. Iker Casillas; 17. Alvaro Arbeloa (18. Nacho 82), 2. Raphael Varane, 4. Sergio Ramos, 12. Marcelo; 10 James Rodríguez (11. Gareth Bale 62), 19. Luka Modric, 8. Toni Kroos, 23. Isco; 7. Cristiano Ronaldo; 9. Karim Benzema (14. Javier Hernandez 86).
Pelatih: Carlo Ancelotti

Liverpool (4-2-3-1): 22. Simon Mignolet; 18. Alberto Moreno, 4. Kolo Toure, 37. Martin Skrtel 19. Javi Manquillo; 23. Emre Can (10. Philippe Coutinho 74), 21. Lucas Leiva (31. Raheem Sterling 68); 20. Adam Lallana, 24. Joe Allen, 50. Lazar Markovic (8. Steven Gerrard 68); 29. Fabio Borini.
Pelatih: Brendan Rodgers

Stadion: Santiago Bernabeu, Madrid
Wasit: Viktor Kassai (Hongaria)

Sumber : beritasatu.com