PT Bestprofit Medan

Meski Kalah, 3 Pemain Timnas Indonesia Ini Tampil Menonjol

PT BESTPROFIT FUTURES MEDAN

PT BESTPROFIT FUTURES – Jakarta – Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Islandia pada uji coba di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu . Tanpa ampun anak asuh Heimir Hallgrimsson itu menghajar Indonesia 4-1.

null

Padahal, sempat ada rasa optimistis karena Timnas Indonesia unggul lebih dulu. Kesalahan kiper Runar Runarsson di menit ke-29 sukses dimanfaatkan Ilham Udin Armaiyn. Pemain Selangor FA itu berada dalam posisi yang tepat untuk menyambut bola.

Sayang, keunggulan Indonesia tak bertahan hingga babak pertama berakhir. Pasalnya, Albert Gudmundsson yang masuk di menit ke-27 sukses menyamakan skor di menit ke-45+2. Di babak kedua, Islandia semakin menggila.

Mereka sukses mencetak tiga gol tambahan ke gawang tim Merah Putih pada 45 menit kedua. Tiga gol itu dicetak Arnor Smarason di menit ke-59 dan Gudmundsson ke-66, ke-72. Islandia pun menutup laga dengan kemenangan 4-1. – PT BESTPROFIT

Meski kalah telak, setidaknya ada beberapa pelajaran penting yang bisa dipetik Timnas Indonesia. Bahkan, melawan tim sekelas Islandia, Indonesia bisa unggul dalam penguasaan bola. Selain itu, setidaknya ada tiga pemain Indonesia yang layak mendapatkan kredit atas penampilannya.

1. Andritany Ardhiyasa
Status sebagai kiper utama Indonesia saat ini memang layak disematkan kepada Andritany. Selama beberapa tahun terakhir, kehebatannya sudah dibuktikan saat ia membela Persija.

Di Liga 1 2017, ia menjadi kiper yang paling sedikit kebobolan, yakni hanya 24 gol. Kehebatannya pun kembali dibuktikan saat berseragam Indonesia pada laga melawan Islandia. Meski kebobolan empat gol, penampilannya cukup memukau. – BEST PROFIT

Setidaknya ada empat tendangan ke gawang Islandia yang mampu dimentahkan kiper berusia 26 tahun tersebut. Bahkan, ia sempat menepis tendangan Gudmundsson dari jarak dekat sesaat sebelum terciptanya gol penyeimbang Islandia.

2. Muhammad Hargianto

Gelandang bertahan Timnas Indonesia, Muhammad Hargianto saat melawan Islandia pada uji coba di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (14/1/2018). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Hargianto sudah lama disebut-sebut sebagai salah satu pemain kesayangan Luis Milla. Pasalnya, dalam setiap skema yang diterapkan, gelandang Bhayangkara FC ini hampir pasti selalu tampil sebagai starter.

Ia juga kembali mendapat kepercayaan dari Milla saat melawan Islandia. Meski ditugaskan sebagai gelandang bertahan, faktanya ia juga rajin membantu serangan. Bahkan, pergerakan cantik sempat diperlihatkan di menit ke-38.

Hargianto sukses membaca arah bola operan pemain Islandia. Ia pun langsung menggiringnya ke dekat kotak penalti. Sayang, tendangan keras Hargianto masih jauh dari sasaran. – BESTPROFIT

Peluang lain yang diciptakan Hargianto ada di menit ke-51. Diawali dari pergerakan Osvaldo di sisi kanan, gelandang Persija Jakarta itu mendapatkan kesempatan mengeksekusi bola liar. Tapi, bola sepakan Hargianto masih membentur pemain Islandia dan hanya menghasilkan sepak pojok.

3. Febri Hariyadi

Ilham Udin memang menjadi pencetak gol tunggal Indonesia ke gawang Islandia. Namun, pujian lebih besar layak disematkan kepada Febri. Winger Persib Bandung itu adalah kreator di balik terciptanya gol Ilham Udin.

Ia melepaskan bola crossing ke dalam kotak penalti Islandia. Di luar dugaan, kiper Islandia Runar Runarsson gagal melakukan tangkapan dengan sempurna. Bola yang terlepas langsung disambar Ilham Udin.

Itu bukan satu-satunya aksi memukau yang diperlihatkan Febri. Sepanjang laga ia bisa disebut sebagai pemain yang paling sering berlari. Dilansir Labbola, ia juga melepaskan 18 umpan sukses dan tiga kali menciptakan peluang.

Aksinya hampir sama dengan yang diperlihatkan Osvaldo Haay. Karena ditugaskan sebagai penyisir lini sayap, pertukaran posisi keduanya terlihat apik. Osvaldo juga mampu melepaskan 17 umpan sukses.