PT Bestprofit Medan

Mewarnai Bisa Asah Kreativitas Anak, Bagaimana dengan Orang Dewasa?

PT Bestprofit Futures Medan

PT Bestprofit Futures Medan

– Jakarta, Saat ini, kegiatan mewarnai tak hanya dilakukan oleh anak-anak, melainkan juga orang dewasa. Pada anak-anak, mewarnai bisa merangsang kreativitas mereka. Lalu, apakah mewarnai pada orang dewasa yang umumnya digunakan untuk meredakan stres, juga bisa merangsang kreativitas?

Diungkapkan Shannon Bennertt, Weill Cornell Pediatric OCD, Anxiety, and Tic Disorders Program di New York, beberapa peneliti setuju jika memang bagi orang dewasa mewarnai bisa membantu meredakan stres. Namun, manfaat untuk mengasah kreativitas nampaknya tak bisa terjadi pada orang dewasa.

“Sehingga, untuk meningkatkan kreativitas orang dewasa, menggambar lebih dianjurkan ketimbang hanya mewarnai. Meski demikian, tetap dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk meneliti dan mengesplorasi hal ini. Apalagi, fenomena mewarnai bagi orang dewasa makin populer guna membantu meredakan stres,” tutur Bennett, dikutip dari CNN.

Sementara, diungkapkan psikolg Dr Richard House, dirinya setuju jika untuk anak, buku mewarnai lebih mungkin membuat anak lebih kreatif dan lebih antusias untuk bertindak aktif. Tapi bagi orang dewasa, House mengatakan buku mewarnai lebih cenderung membawa manfaat pereda stres.

Kemudian, mewarnai bisa menjadi ‘kendaraan’ bagi orang dewasa guna melarikan diri meski hanya sejenak, dari masalah yang ia alami. Sebab, dengan mewarnai, seseorang bisa fokus pada kegiatannya dan lupa sejenak akan permasalahannya. House meningatkan, banyak kegiatan seni lain yang bisa dilakukan anak dan dapat memberi manfaat yang berbeda.

“Misalnya menggambar atau melukis, itu juga bisa mengasah kreativitas mereka. Sehingga, kegiatan seperti melukis atau menggambar bisa memberi kesempatan bagi anak menciptakan seni dan itu membuat mereka melewati proses kreativitasnya,” tutur House.

Dalam tulisannya di New York Daily News, Wakil Direktur Pendidikan di Museum of Modern Art, New York, Wendy Woon mengungkapkan untuk mengasah kreativitas anak-anak juga orang dewasa, akan lebih baik jika dengan menggambar atau melukis. Sebab, di situlah Anda yang akan menentukan garis serta komponen gambar lain yang akan dibuat.

“Sementara, saat mewarnai, gambar dasarnya sudah ada. Namun, beberapa studi sudah memastikan apapun jenis seninya, bisa bermanfaat bagi kesehatan termasuk mengurangi rasa sakit dan meredakan stres,” tutur Woon. PT Bestprofit Futures Medan

Sumber oleh : health.detik.com