PT Bestprofit Medan

Mozilla Hentikan Proyek Ponsel Firefox OS Murah

PT. Best Profit Futures Medan – Jakarta, CNN Indonesia — Organisasi nirlaba Mozilla memutuskan untuk menghentikan proyek sistem operasi mobile Firefox OS untuk ponsel pintar terjangkau. Tetapi sistem operasi ini akan tetap ada, dengan memberikan fitur canggih dan mendukung produktivitas.

Mozilla menilai Firefox OS yang sebelumnya direncakan dipakai pada ponsel dengan harga sekitar US$ 25, tidak mampu menarik perhatian pasar.

Mozilla mengubah pandangan itu dengan merapkan strategi baru yang mereka sebut dengan “Ignite,” untuk menekankan fitur menarik dan tidak lagi menekankan pada perangkat harga murah. Strategi ini juga mempertimbangkan kehadiran aplikasi pihak ketiga yang dikembangkan oleh para pemrogram komputer.

“Kami akan membangun ponsel dan perangkat yang terhubung untuk orang yang ingin membeli karena senang dengan pengalaman memakainya, bukan karena harganya, “kata CEO Mozilla, Chris Beard, seperti dikutip dari CNet, Sabtu (22/5).

Organisasi pengembang aplikasi peramban (browser) Firefox ini mencoba bersaing dengan Apple iOS dan Google Android dari sisi teknologi. Firefox OS diluncurkan pada 2013 dengan tujuan membawa ponsel pintar kepada jutaan penduduk dunia yang belu menggunakannya.

Sejumlah perusahaan teknologi besar memang terus mencoba masuk ke bisnis ponsel pintar, baik dari sisi peranti keras dan peranti lunak. Lembaga riset pasar Gfk mencatat, pengiriman ponsel pintar secara global mencapai 310 juta ponsel dengan nilai penjualan US$ 96 miliar. Angka ini tumbuh 7 persen secara pengiriman dari tahun ke tahun dan tumbuh 8 persen dari tahun ke tahun dalam hal nilai.

Jika Firefox OS mampu mencapai sukses, maka ia akan menantang ponsel pintar Android yang selama ini mengincar segmen pasar menengah.

Sumber oleh : cnnindonesia.com