PT Bestprofit Medan

Mudah Ngantuk? Waspada Penyakit Ini

Best Profit Futures 7Best Profit Futures – Rasa kantuk merupakan tanda yang diberikan tubuh agar orang beristirahat, yang biasanya datang di malam hari atau saat merasa lelah. Namun kondisi tertentu dapat membuat orang selalu merasa ngantuk, bahkan di waktu kerja. Rasa Ngantuk yang berlebih tadi disebut Hypersomnia, yaitu sebuah gejala gangguan tidur yang membuat penderitanya mengalami rasa kantuk berlebihan meskipun sudah tidur cukup. Menjengkelkan kalau mata terasa ngantuk terus sepanjang hari. Berbagai aktivitas menjadi terganggu karena pikiran dan tubuh tidak bisa diajak bekerja.

Namun, mengantuk pasti ada sumber penyebabnya. Dengan mengatasi pemicunya, Anda tidak akan mudah merasakan mata yang memberat. Ada beberapa hal yang bisa membuat mengantuk terasa sangat berat. Di antaranya dipicu oleh penyakit yang menyerang tubuh dan mungkin tidak disadari.

Berikut beberapa penyakit yang membuat mudah ngantuk: 

1. Diabetes.
Pada penderita diabetes, tubuhnya memiliki glukosa tinggi yang tidak segera diubah menjadi energi. Efeknya, tubuh lebih mudah mengantuk dan lelah.

2. Depresi.
Orang yangsedang stres berat juga mudah mengantuk. Emosi memengaruhi fisik dengan memunculkan berbagai gejala, termasuk ingin tidur.

3. Dehidrasi.
Kekurangan cairan menjadikan tubuh lesu. Rasa kantuk dapat muncul tak tertahankan. Ini dapat dilihat ketika orang sedang berpuasa namun tidak memenuhi asupan cairan tubuh pada saat sahur.

4. Anemia.
Penyakit yang juga disebut kekurangan darah ini membuat tubuh kekurangan zat besi. Padahal zat besi adalah salah satu komponen pembentukan sel darah merah. Saat sel darah merah berkurang, asupan oksigen juga seluruh jaringan tubuh akan terganggu, termasuk ke arah otak. Akibatnya seseorang menjadi mudah mengantuk.

5. Penyakit jantung.
Orang yang punya masalah jantung biasanya gampang capek dan mengantuk. Bisa jadi munculnya ngantuk merupakan gejala awal dari penyakit ini.

Semoga bermanfaat..

Sumber : kesekolah.com

PT.Bestprofit Futures Medan