PT Bestprofit Medan

Nostalgia dengan Permainan Zaman Dulu

Best profit Futures6Best Profit Futures – Zaman sekarang perkembangan ilmu dan teknologi sangat pesat. Teknologi yang semakin canggih membantu manusia mempermudah suatu pekerjaan. Begitu pula dengan permainan. Permainan untuk anak zaman sekarang didominasi dengan peralatan canggih. Mereka lebih senang dengan permainan dengan game console, computer, smartphone, dan lain – lain. Padahal permainan zaman dulu tidak kalah mengasyikan.

Permainan tradisional sudah jarang dimainkan oleh anak – anak sekarang. Padahal, permainan tradisioanal dapat melatih anak dalam bersosialisasi. Selain itu, permainan dulu juga mengajarkan pentingnya sebuah proses dan banyak sekali menyisipkan nilai – nilai didik.

Masih ingat nama – nama permainan tradisional dulu? Berikut ini permainan – permainan yang mungkin buat Anda bernostalgia kembali:

1. Petak Umpet

Hide and seek, atau bahasa Indonesianya petak umpet, adalah permainan yang dimainkan oleh dua orang atau lebih. Semakin banyak yang bermain, semakin seru petak umpetnya. Seperti judul, permainan petak umpet berarti permainan bersembunyi. Dimana satu orang yang menjadi kucing harus mencari teman – temannya yang bersembunyi.

2. Lompat Tali / Karet

Permainan ini cukup digemari oleh anak – anak perempuan. Permainan yang dimainkan oleh 4 anak atau lebih ini hanya membutuhkan sebuah tali yang dibuat dari untaian karet gelang. Karet gelang disambung – sambung menjadi sebuah tali panjang. Nantinya tali ini akan menjadi acuan untuk melompat. Batas lompatannya mulai dari mata kaki hingga atas kepala. Walaupun permainan ini kebanyakan dimainkan oleh anak perempuan, tetapi anak laki – laki juga ikut dalam permainan ini.

3. Ular Naga

Ular naga panjangnya bukan kepalang

Menjalar-jalar selalu kian kemari

Umpan yang lezat, itu yang dicari

Kini dianya yang terbelakang

Lirik di atas merupakan sebuah lirik lagu yang diciptakan oleh Ibu Soed. Lagu ini juga dapat dinyanyikan dengan sebuah permainan seru. Permainannya membutuhkan pemain yang lumayan banyak. Dua anak akan membentuk terowongan dengan berpegangan tangan dan dinaikkan. Sedangkan anak – anak lainnya membentuk sebuah barisan dan jalan memasuki terowongan tersebut sambil menyanyikan lagu Ular Naga.

4. Congklak

Congkak merupakan salah satu permainan yang sangat popular pada zaman dulu. Permainan ini harus dimainkan oleh dua orang. Congklak membutuhkan sebuah papan yang permukaannya memiliki luabng – lubang untuk meletakkan biji – biji kecil. Papan tersebut bisa di beli di pasar tradisional. Permainan ini dapat melatih kecerdasan otak anak.

5. Bekel

Permainan ini dimainkan maksimal 4 orang. Alat yang digunakan adalah sebuah bola karet, dan bekelnya dapat berupa tutup botol, batu kerikil, kerang, atau logam. Permainan ini biasanya dimainkan oleh anak perempuan, tapi anak laki – laki juga sering ikut bermain.

Tidak seperti permainan dengan teknologi sekarang, permainan zaman dulu sangat melibatkan aktivitas fisik seperti melompat, berlari, atau kecepatan tangan. Maka dari itu, tidak ada salahnya bila anak – anak dihimbau untuk sering bermain permainan tradisional ketimbang bermain gadget.

Sumber : kesekolah.com