PT Bestprofit Medan

Orang Indonesia Enggan Berhenti Bekerja Setelah Pensiun

Best profit Futures3Best Profit Futures – Usia 55 tahun bukan lagi akhir dari produktivitas orang Indonesia. Menurut survei Manulife Investor Sentiment Index 2014, orang Indonesia masih mau bekerja belasan tahun setelah usia 55 tahun. Hasil survei menunjukkan bahwa usia pensiun yang diharapkan oleh masyarakat Indonesia adalah 60 tahun. Namun, orang Indonesia juga tetap mau bekerja tujuh tahun lagi setelah umur yang diharapkan tadi. Jadi, orang Indonesia masih ingin bekerja hingga 12 tahun lagi setelah usia pensiun yang diresmikan oleh pemerintah.

Sebagai catatan saja, untuk sekarang usia resmi pensiun yang ditetapkan pemerintah Indonesia cenderung paling muda di Asia. Di Singapura usia pensiun saat ini adalah 65 tahun yang semula 62 tahun. Di Malaysia, usia pensiun resmi pemerintah adalah 60 tahun. Pemerintah Taiwan pun menetapkan usia pensiun warganya menjadi 65 tahun dari semula 60 tahun pada 2008. Sedangkan Australia malah memiliki usia pensiun yang cukup lama, dari 60 tahun menjadi 70 tahun saat ini.

Padahal, masyarakat Indonesia menganggap bekerja bukan sekadar mencari penghasilan. Setelah mendekati usia 55 tahun, menurut survei tersebut, bekerja adalah cara untuk menjaga otak dan tubuh tetap prima serta aktivitas terbaik untuk menghabiskan waktu mereka.

Nah, karena pemerintah kita masih belum mengubah usia pensiun saat ini, apa rencana karier Anda setelah usia 55 tahun? Sebab, tubuh dan otak Anda pun masih prima untuk bekerja. Yuk, rencanakan jauh jauh hari sebelum Anda pensiun!

Sumber : pesona.co.id