PT Bestprofit Medan

Orang Seperti Ini Lebih Rentan Kena Penyakit Jantung Koroner

best5Jakarta, Nyeri dada yang sering disepelekan sebagai tanda masuk angin bisa jadi indikasi penyakit jantung koroner. Meskipun, ada beberapa faktor yang membuat seseorang lebih berisiko terkenya penyakit ini, terutama riwayat keluarga.

Dikatakan dr Taufik Pohan SpJp, spesialis jantung RS Pondok Indah, orang yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit jantung koroner memiliki risiko dua kali lipat. Apalagi jika yang bersangkutan adalah laki-laki dengan usia yang sudah lanjut.

Hal ini juga berlaku untuk wanita di mana mereka yang sudah memasuki masa menopause lebih rentan mengalami komplikasi ketika terkena penyakit jantung koroner sehingga penanganan kasusnya menurut dr Taufik lebih complicated.

“Kalau umur udah di atas 30 jangan lupa untuk melakukan deteksi dini, salah satunya lewat CT scan untuk melihat apakah ada penyumbatan di pembuluh darah koroner,” terang dr Taufik dalam konferensi pers New Advanced Technology DSCT Flash RS Pondok Indah, Jl Metro Duta Pondok Indah, Jakarta, dan ditulis pada Jumat (9/5/2014).

Meskipun, menurut dr Taufik sejak mengonsumsi makanan padat, kadar kolesterol seseorang mulai fluktuatif di mana kolesterol tinggi menjadi salah satu faktor risiko jantung koroner yang masih bisa diubah layaknya obesitas, hipertensi, diabetes melitus, dan kebiasaan merokok.

“Orang yang merokok berisiko dua sampai tiga kali lebih tinggi. Kalau yang merokok sampai 40 batang sehari, risikonya jadi sepuluh kali lipat, makanya mulai sekarang setop merokok,” tegas dr Taufik.

Serangan jantung kerap terjadi di pagi hari yakni pukul 03.00-09.00, menurut dr Taufik hal tersebut bisa terjadi. Saat akan bangun, tanpa disadari hormon adrenalin sudah siap beraktivitas dengan diikuti gerakan mata yang lebih cepat.

“Tapi karena sebelumnya kita berbaring saat tidur dalam waktu yang cukup lama, aliran darah melambat, kekentalan darah bertambah, kerja jantung juga meningkat,” tutup dr Taufik.

PT.BESTPROFIT FUTURES MEDAN

Sumber : detik.com