PT Bestprofit Medan

Pemerintah Anggarkan Rp 500 Triliun Untuk Perbaikan Jalan

Best profit Futures7Best Profit Futures, Jakarta – Pemerintah menganggarkan dana mencapai lebih dari Rp 500 triliun untuk memperbaiki jalan di provinsi dan kabupaten. Hal itu dikatakan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono.

Menurut Basuki, berdasarkan hasil tinjauan, 30 persen jalan provinsi rusak. Sedangkan, jalan di kabupaten/kota 42 persen rusak.

Oleh karena itu, lanjut Basuki, untuk memperbaiki dua jalan tersebut dibutuhkan anggaran yang tidak sedikit, yaitu sekitar Rp 500 triliun.

Hanya saja, tambah Basuki, anggaran sebesar itu tidak akan mampu dipenuhi pemerintah dalam waktu satu tahun. Sehingga, dianggarkan selama lima tahun.

“Program lima tahunan, kalau pakai angka jadi bisa dilihat bahwa keseluruhan (perbaikan jalan) kabupaten Rp 490 triliun, provinsi Rp 57 triliun. Tahunan sampai 2019 maka semua bisa oke,” kata Basuki yang ditemui di kantor Wakil Presiden (Wapres), Jakarta, Senin (22/12).

Namun, Basuki menggarisbawahi, prioritas perbaikan pada jalanan di kabupaten, dan hanya mampu memperbaiki 70 persen dari kerusakan.

Basuki juga mengungkapkan biaya perbaikan jalan tidak hanya diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Melainkan juga diambil dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp 2 triliun sampai Rp 3 triliun.

“Dengan adanya untuk usul ini maka semua bisa dijalankan jika ada kemudahan birokrasi maka akan lebih mudah, maka saya besok akan kumpulkan penyedia jasa untuk bahas soal ini,” ungkapnya.

Sumber : beritasatu.com