PT Bestprofit Medan

Pertempuran Sengit Terjadi di Sudan Selatan

PT Bestprofit Futures Medan

PT Bestprofit Futures Medan

– Jakarta – Pasukan mantan pemberontak dan pasukan pemerintah terlibat pertempuran sengit di Ibu kota Sudan Selatan. Pertikaian ini menyebabkan Sudan Selatan berada diambang perpecahan.

Diberitakan AFP, Senin (11/7/2016), pertempuran berawal di wilayah barat Juba yang menjadi basis mantan pemberontak dan pasukan pemerintah. Lokasi ini berdekatan dengan kamp Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) di gunung Jebel Kujur.

Suara baku tembak terdengar di beberapa bagian kota sepanjang hari, termasuk yang berdekatan dengan tempat pemimpin pemberontak yang menjabat sebagai Wakil presiden Riek Machar berkantor pusat serta daerah Tongping yang berdekatan dengan bandara.

Menteri Informasi Makuei menyalahkan mantan pemberontak sebagai penyebab terjadinya pertempuran dan bersikeras pemerintah masih mengontrol wilayah Juba meski suara tembakan masih terdengar di berbagai tempat.

Makuei mengatakan Presiden Salva Kiir akan mengadakan gencatan senjata. “Kami berharap yang mulia presiden akan mengadakan kerjasama gencatan senjata. Kami berharap Wakil Presiden Riek Machar akan mengikuti,” terangnya.

Kekerasan pecah setelah negara termuda di dunia ini merayakan ulang tahun kemerdekaan yang kelima, dan merupakan pukulan pada kesepakatan damai yang telah gagal untuk mengakhiri perang saudara yang pecah di Desember 2013.

PBB melaporkan adanya penggunaan mortir, granat berpeluncur roket, helikopter tempur dan tank pada saat pertempuran terjadi.

Maskapai Kenya Airways menghentikan penerbangan ke Juba dengan alasan “Situasi keamanan yang tidak menentu”. Hingga saat ini, diperkirakan 150 tentara tewas dari kedua belah pihak. ┬áPT Bestprofit Futures Medan