PT Bestprofit Medan

Pilah-pilih Susu Nabati Paling Sehat: Rasa Almond atau Mete?

PT Bestprofit Futures Medan

PT Bestprofit Futures Medan

– Jakarta – Beberapa jenis kacang seperti almond, hazelnut, edamame, macadamia, dan cashew (mete) tak hanya bisa dikonsumsi sebagai penganan ringan. Seiring dengan kemajuan zaman dan ilmu yang terus berkembang, kacang-kacangan tersebut kini diolah menjadi sari nabati yang teksturnya menyerupai susu. Maka tak heran, banyak yang menyebutnya sebagai susu almond, susu cashew atau susu hazelnut.

Dari berbagai jenis kacang yang diproduksi menjadi sari nabati, almond dan cashew menjadi salah satu kacang yang paling sering diolah. Kedua kacang ini mudah ditemukan dan lebih dikenal karena seringkali digunakan sebagai pelengkap dalam beberapa hidangan. Menilik dari manfaat keduanya yang bebas kolestrol dan rendah lemak, lantas mana yang paling baik?

Emma Wood, pemilik London’s Blend and Press juice bar menyarankan bahwa sebaiknya melihat kandungan nutrisi dari masing-masing kacang sebelum mengolahnya. “Jika Anda merendam almond dalam air selama seharian dan terkena paparan sinar matahari, perlahan mereka akan tumbuh karena pada kenyataannya, almond adalah biji,” ungkapnya seperti dikutip dari Huffington Post.

Benih kecambah yang tumbuh ini mengaktifkan enzim-enzim yang bermanfaat sehingga jika almond diolah menjadi susu akan meningkatkan nilai gizinya. Tetapi, ada pula susu ‘alternatif’ yang tidak memiki kandungan laktosa di dalamnya dan terbuat dari salah satu kacang yang paling lezat, yakni cashew.

Cairan yang diolah dari cashew juga umumnya kental dan terasa lebih manis dari susu almond. “Hal ini karena jika cashew direndam bentuknya menjadi sangat halus sehingga saat diblender hasilnya lebih kental dan tidak perlu melakukan penyaringan lagi,” kata Emma.

Tetapi jika dilihat dari segi kepraktisannya, kacang mete lebih praktis diolah menjadi susu karena tidak perlu disaring kembali, berbeda dengan almond yang lebih cepat menyerap air saat direndam sehingga harus diblender lebih dari sekali agar nutrisi di dalamnya bisa didapatkan. Meski demikian, kedua susu nabati tersebut memiliki nilai gizi yang serupa.

“Apapun susu kacang yang Anda pilih, manfaatnya untuk kesehatan yang paling baik adalah yang dibuat sendiri tanpa bahan pengawet,” tutupnya. PT Bestprofit Futures Medan

Sumber Oleh : wolipop.detik.com