PT Bestprofit Medan

Poundsterling Berpotensi Lanjutkan Kenaikan; Dukungan Terhadap Kemerdekaan Skotlandia Berkurang

Best profit Futures5Best Profit Futures – Nilai tukar poundsterling pada perdagangan hari ini terpantau berusaha untuk melanjutkan kenaikan terhadap dollar AS (12/9). Poundsterling Inggris bergerak rebound selama dua hari berturut-turut sebelum hari ini karena polling yang dilakukan terhadap referendum Skotlandia menunjukkan bahwa kawasan tersebut masih berpotensi untuk menjadi bagian dari Inggris.

Sejak pekan lalu poundsterling mengalami penurunan tajam hingga mencapai titik paling rendah dalam 10 bulan belakangan pada hari Rabu lalu di posisi 1.6052 dollar AS. Poundsterling mengalami penurunan akibat kekhawatiran bahwa dalam referendum tanggal 18 September mendatang rakyat Skotlandia akan memilih opsi keluar dari kekuasaan Kerajaan Inggris.

Akan tetapi polling terakhir yang dilakukan oleh YouGov Plc menunjukkan bahwa 52 persen rakyat Skotlandia akan memilih bertahan di bawah Inggris. Perbedaan 4 persen dengan pendukung kemerdekaan tersebut relative menenangkan pasar.

Secara fundamental sendiri pola pergerakan poundsterling tampaknya masih akan melanjutkan penurunan. Gubernur BOE Mark Carney telah menyatakan komitmennya untuk mempertahankan suku bunga rendah di Inggris guna mempertahankan pertumbuhan ekonomi.

Hari ini nilai tukar poundsterling berada pada posisi 1.6235 dollar AS. Poundsterling mengalami peningkatan terbatas terhadap dollar AS dibandingkan dengan penutupan perdagangan dini hari tadi yang berada di posisi 1.6255 dollar. Hari ini poundsterling sudah sempat mengalami peningkatan ke posisi 1.6277 dollar, tertinggi sejak tanggal 5 September yang lalu.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan nilai tukar poundsterling terhadap dollar AS pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami kenaikan meskipun masih terbatas. Mata uang Inggris tersebut berpotensi untuk mengalami pergerakan pada kisaran 1.6200 – 1.6270 dollar.

Sumber : vibiznews.com