PT Bestprofit Medan

Prabowo Strategis, Jokowi Implementatif

Best Profit FuturesBest Profit Futures 7Debat capres perdana semalam membuka mata seluruh rakyat Indonesia tentang dua pasangan capres peserta Pilpres 2014 yakni Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK. Kedua pasangan capres menunjukkan arah berpikir yang berbeda.

“Ada perbedaan yang signifikan dari pesan komunikasi 2 pasang capres-cawapres ini. Prabowo-Hatta lebih bicara strategis dan perencanaan yang kuat sementara Jokowi-JK lebih bicara hal mikro yang implementatif,” kata pengamat komunikasi politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio kepada detikcom, Selasa (10/6/2014).

Menurut Hendri, Jokowi-JK mampu memutarbalikkan persepsi orang banyak tentang kemampuan debat Jokowi. Jokowi menjawab dengan lebih tenang dan implementatif.

“JK menjawab pertanyaan layak nya sebagai seorang peserta paling senior, lugas dan tajam. Dua sesi di awal Jokowi-JK lebih unggul dari Prabowo-Hatta berkat kepiawaian JK dalam menjawab pertanyaan,” katanya.

Namun di sesi berikutnya giliran Hatta yang dengan lugas dalam menjawab semua pertanyaan menutupi Prabowo yang di awal tampak agak gugup. Jokowi mulai tidak lagi tajam pada sesi ke 4 saat menjawab pertanyaan Prabowo tentang pemekaran daerah.

“Sebaliknya Prabowo sangat siap menjawab pertanyaan yang paling sering diterima Prabowo tentang Pelanggaran HAM,” ungkapnya.

“Pada sesi-sesi akhir makin terlihat jelas perbedaan gaya komunikasi antara Prabowo-Hatta yang strategis dan Jokowi-JK yang lebih mikro serta implementatif,” imbuh Hendri.

Jokowi dinilainya menutup dengan tidak seelegan pada sesi pertama dengan nampak sering melirik ke bawah untuk (mungkin) melihat catatan dan tidak memanfaatkan waktu yang tersedia. “Prabowo mengakhiri debat dengan kuat dengan teknik impromptu dengan pesan kunci yang jelas,” katanya.

Masing-masing capres-cawapres memiliki kekurangan yang masih dapat diperbaiki untuk debat selanjutnya. “Skor seri 3-3. Masing-masing menguasai tiga segmen debat,” pungkasnya.

PT.BESTPROFIT FUTURES MEDAN

Sumber : news.detik.com