PT Bestprofit Medan

IHSG Bakal Bertahan di Zona Hijau Akhir Pekan

PT Bestprofit Futures

PT Bestprofit Futures   | IHSG Bakal Bertahan di Zona Hijau Akhir Pekan

PT Bestprofit Futures -Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bakal menguat menuju akhir pekan ini. Analis PT Reliance Securities Lanjar Nafi mengatakan, IHSG akan bergerak pada support 5.125 dan resistance 5.240.

IHSG cenderung fluktuatif pada perdagangan saham Kamis kemarin. Namun, akhirnya IHSG ditutup menguat tipis 7,55 poin atau sebesar 0,15 persen ke 5.193,01.

Pergerakan IHSG dipengaruhi oleh kebijakan Bank Indonesia (BI) dalam menentukan acuan suku bunga.

“Tingkat suku bunga dipertahankan di level 4,75 persen pada bulan ini meskipun pertumbuhan pinjaman kian merosot di bawah ekspektasi di level 6,4 persen dari 6,8 persen di periode sebelumnya,”

Investor asing masih melakukan aksi jual bersih sebesar Rp 144,88 miliar. Hal itu disebabkan penguatan dolar Amerika Serikat (AS).

Sementara, Bursa Asia ditutup variatif. Pergerakan Bursa Asia dipengaruhi harga minyak yang melemah akibat persediaan pasokan minyak AS yang meningkat.

“Pelemahan harga minyak memicu meningkatnya permintaan dolar. Mata uang emerging market penghasil komoditas tertekan,” kata dia.

Lanjar merekomendasikan saham PT Astra International Tbk (ASII), PT Gajah Tunggal Tbk (GJTL), PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), PT Kalbe Farma Tbk (KLBF).

Senada, Analis PT Asjaya Indosurya Securities William Suryawijaya mengatakan IHSG akan menguat. Dia mengatakan, IHSG akan bergerak pada support 5.078 dan resistance 5.267.

“Potensi kenaikan kembali membesar di tengah masih terjadinya capital outflow, rilis data perekonomian BI rate turut menopang pola gerak IHSG saat ini,

Baca Juga ” Ini Sebab Ekonomi RI Tetap Bisa Bertahan Meski Ada Demo”

Aksi demonstrasi yang terjadi baru-baru ini dinilai tidak akan berpengaruh besar terhadap perekonomian nasional.  Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menilai fundamental ekonomi Indonesia sangat kuat sehingga tidak mudah terpengaruh aksi unjuk rasa.

Selain itu, Sri Mulyani menjelaskan, komitmen yang kuat dari TNI dan Polri menjadi tanda sendiri bahwa keamanan Indonesia masih terjaga. Indonesia juga terkenal akan hubungan harmonis antar masyarakatnya. Hal itu memberikan pengaruh positif pada perdagangan.

“Saya rasa confidence dari para pelaku ekonomi tentu dipengaruhi oleh berbagai hal salah satunya adalah keamanan. Kalau kita lihat komitmen TNI Polri maka keamanan masih tetap terjaga. Terlihat dari perdagangan yang masih positif. Suatu masyarakat¬† mempunyai aset berharga adalah ketika bisa hidup harmonis. Indonesia telah memiliki jam terbang akan hal itu,” ujar Sri Mulyani di acara Diskusi Ekonomi Indonesia Menyongsong 2017 di SCTV Tower

Lebih lanjut, Sri Mulyani meminta, tak perlu cemas jika ekonomi Indonesia akan mengalami kesulitan hanya karena aksi unjuk rasa. Indonesia memiliki sejarah bisa pulih ekonomi dalam keadaan krisis sekalipun.

“Indonesia juga punya histori yang cukup panjang, bahkan ketika ada krisis pada 97 -98, Indonesia bisa recover sangat cepat. Aksi tanggal 4 November di mana masyarakat telah menyampaikan aspirasinya, ketika pemerintah sudah meng-handle hal tersebut dengan baik,” jelas dia.

Ia menilai Indonesia memiliki daya tarik ekonomi yang baik bagi para investor. Hal ini seiring kemajemukan masyarakatnya. “Secara relatif, Indonesia masih punya ketertarikan sendiri karena masih punya pondasi akan menghargai satu sama lain dan kemajemukan masyarakatnya yang baik (RDI – PT Bestprofit Futures )

PT Bestprofit Futures