PT Bestprofit Medan

Ramalan Steve Jobs Soal Fenomena e-Commerce

Best profit Futures5Best Profit Futures, Jakarta – Fenomena e-commerce tidak bisa dipungkiri semakin meluas, seiring dengan penggunaan internet yang kian tumbuh. Ternyata perkembangan e-commerce ini pernah diprediksi, jauh sebelum perdagangan elektonik itu populer seperti yang terjadi saat ini.

Steve Jobs adalah orang yang pernah memprediksi hal tersebut. Jobs pada 1996 berbicara dengan Wired mengenai ‘web’ atau internet, sebuah fenomena teknologi yang relatif baru dan belum sepenuhnya ‘lepas landas’ saat itu. Dalam kesempatan wawancara, co-founder Apple itu mengisyaratkan bagaimana internet akan berdampak pada ‘perdagangan’.

“Ini (perdagangan di internet) akan menjadi besar,” tutur Jobs kala itu seperti dilansir Business Insider, dan ditulis Senin (15/12/2014).

Jobs mengungkapkan banyak pemikirannya tentang akan seperti apa dampak internet terhadap kehidupan orang-orang. Namun yang paling penting dan dipilihnya adalah kontribusi internet terhadap ekonomi.

“Jika Web menguasai 10 persen dari produk dan jasa di negara ini, maka akan menjadi fenomenal. Saya pikir jumlahnya akan lebih besar daripada itu. Pada akhirnya ini akan menjadi bagian besar dari ekonomi,” jelas Jobs.

Kemudian Jobs mengajukan pertanyaan balik, “Menurut Anda siapa yang akan diuntungkan dari web? Siapa yang paling menang?.” Pertanyaan Jobs itu ditanggapi oleh pihak Wired, “Orang-orang yang memiliki sesuatu…”

Jobs dengan cepat menyambung pernyataan Wired dengan mengatakan, “Untuk dijual!. Ini lebih dari publikasi. Ini adalah commerce (perdagangan). Orang-orang akan berhenti pergi ke banyak toko dan mereka akan membeli barang-barang melalui web.” Saat itu istilah e-commerce belum muncul.

Jobs pun meyakini bahwa perdagangan adalah salah satu dari empat fungsi penting layanan internet.

“Hal terpenting ketiga adalah perdagangan, yang bahkan lebih sulit daripada publikasi kompleks karena harus ‘mengikat’ web ke dalam sistem manajemen pemesanan, sistem koleksi Anda, dan hal-hal seperti itu. Saya pikir itu akan terjadi dua tahun lagi, dan akan menjadi besar,” ungkapnya.

Sumber : liputan6.com