PT Bestprofit Medan

Roma vs Man City, Duel Hidup-Mati di Olimpico

Best profit Futures7Best Profit Futures, Roma – AS Roma dan Manchester City akan terlibat duel hidup-mati di Stadion Olimpico, untuk memperebutkan satu tiket babak knock-out Liga Champions yang tersisa dari Grup E. Kedua tim sama-sama memburu kemenangan untuk memastikan tempat di putaran 16 besar.

Dalam partai yang digelar Rabu (10/12) atau Kamis dini hari WIB ini, posisi Roma memang lebih diuntungkan. Tim asuhan Rudi Garcia ini akan lolos ke 16 besar jika menang lawan Manchester City. Mereka memang bakal tetap melaju jika memetik hasil seri dan di pertandingan lainnya di grup ini, CSKA Moskva bermain imbang melawan Bayern Muenchen.

Jika CSKA kalah di kandang Muenchen, Roma tetap lolos kalau memetik hasil imbang tanpa gol, tapi langkah mereka terhenti jika memetik hasil imbang dengan gol (1-1, 2-2, dst). Roma pastinya tak ingin mengambil risiko. Mereka harus lolos tanpa tergantung hasil pertandingan lain. Itu artinya mereka harus memetik kemenangan.

Meski sama-sama telah mengoleksi lima poin, posisi Manchester City berbeda dengan Roma. Kemenangan di Roma belum tentu akan membawa klub Inggris itu ke 16 besar. Mereka harus menunggu berita dari Muenchen. Jika CSKA tidak menang di kandang Bayern Muenchen, barulah tim Manuel Pellegrini itu bisa bersorak gembira.

“The Citizens” juga tetap lolos jika memetik hasil imbang dengan gol (1-1, 2-2, dst) dan CSKA kalah. Klub yang bermarkas di Stadion Etihad ini sangat berharap Muenchen tetap bisa memetik kemenangan meski sudah pasti lolos dan menjadi juara grup.

Dari soal materi pemain, City juga berada dalam posisi tak menguntungkan. Mereka kehilangan setidaknya satu pemain andalan di semua lini. Di barisan depan, mereka tak akan diperkuat striker yang juga top scorer sementara Premier League, Sergio Aguero. Penyerang asal Argentina ini dihantam cedera ketika menang 1-0 atas Everton, akhir pekan lalu.

Di barisan tengah, City kehilangan Yaya Toure yang harus absen akibat hukuman larangan tampil. Padahal gelandang asal Pantai Gading ini adalah inspirator serta kerap menjadi pemecah kebuntuan timnya.

Ketidakberuntungan City tak hanya berhenti sampai di situ, karena di lini belakang juga tak bisa menurunkan kekuatan terbaik. Mereka tak mungkin menampilkan bek tengah yang juga kapten tim Vincent Kompany karena cedera.

Meski kehilangan beberapa pemain inti, Pellegrini menegaskan tak akan mengubah gaya bermain tim asuhannya. “Kami tim yang menyerang dan tak akan melakukan perubahan apa pun,” katanya.

“Roma tim besar di Italia dan memiliki skuat bagus. Ini pertandingan yang penting bagi mereka juga kami. Ini grup yang sangat sulit yang juga berisi juara Jerman dan Rusia. Kami tahu persaingan di grup ini bakal sangat ketat,” tutur Pellegrini.

“Satu permintaan saya untuk tim saya adalah turunlah ke lapangan dan lakukan seperti yang kami kerjakan dalam beberapa pertandingan terakhir. Inilah cara terbaik untuk bisa lolos ke 16 besar,” kata pelatih asal Cile ini.

Untuk mengantisipasi tiga pemain andalannya yang harus absen, Pellegrini tentu telah menyiapkan pengganti. Beruntung Edin Dzeko pulih dari cedera. Absennya Aguero bisa digantikan penyerang Bosnia-Herzegovina ini.

Untuk melapis absennya Yaya Toure, sang pelatih sepertinya bakal menampilkan Fernandinho atau Frank Lampard. Dan di lini belakang, Eliaquim Mangala bakal turun menggantikan Kompany untuk berduet dengan Martin Demichelis di jantung pertahanan.

Selain ketiga pemain ini, City juga masih kehilangan David Silva, Stevan Jovetic, dan Matija Nastasic.

Kondisi Roma jauh lebih baik. Mereka hanya kehilangan dua pemain belakang yakni Leandro Castan dan Vasilis Torosidis. Posisi keduanya bakal digantikan oleh duet bek tengah Davide Astori, dan Mapou Yanga-Mbiwa.

Garcia menyadari tim asuhannya tak bisa cuma bermodalkan semangat untuk bisa memenangkan partai melawan juara Premier League ini. “Kami harus menggunakan otak, tidak cuma memakai hati. Menurut saya ini akan menjadi pertandingan yang sangat mengandalkan taktik,” kata pelatih asal Prancis ini.

Sukses menahan imbang City saat tandang ke Etihad juga menjadi bekal keyakinan Roma dalam partai ini. “Kami bermain sangat baik di Manchester namun ini pertandingan yang berbeda. City tengah berada dalam performa yang bagus. Ini pertandingan terakhir penyisihan grup, jadi ini seperti final bagi kedua tim,” paparnya.

Roma siap menurunkan kekuatan terbaik mereka. Kapten Francesco Totti sengaja diistirahatkan saat bermain imbang 2-2 melawan Sassuolo akhir pekan lalu. Melawan City, pemain berusia 38 tahun itu kemungkinan besar tampil sejak menit pertama.

Totti akan didampingi Gervinho dan Adem Ljajic, pencetak dua gol yang menyelamatkan Roma dari kekalahan saat menjamu Sassuolo. Barisan tengah tak akan berubah. Trio Miralem Pjanic, Daniele De Rossi, dan Radja Nainggolan bakal beroperasi di lini vital dalam formasi 4-3-3.

“Seperti yang saya katakan sebelum pertandingan melawan CSKA, kami harus menikmati permainan dan tampil sebaik mungkin. Tentu akan sangat luar biasa jika kami menang,” kata Garcia.

“Kami ingin lolos. Kami harus fokus pada tujuan. Ini akan menjadi laga yang sulit namun kami optimistis,” kata mantan pelatih Lille ini.

Perkiraan Susunan Pemain
AS Roma (4-3-3): 26. Morgan De Sanctis; 13. Maicon, 23. Davide Astori, 2. Mapou Yanga-Mbiwa, 3. Ashley Cole; 15. Miralem Pjanic, 16. Daniele De Rossi 4. Radja Nainggolan; 27. Gervinho, 10. Francesco Totti, 8. Adem Ljajic.
Pelatih: Rudi Garcia

Manchester City (4-4-1-1): 1. Joe Hart; 5. Pablo Zabaleta, 26. Martin Demichelis, 20. Eliaquim Mangala, 22. Gael Clichy; 15. Jesus Navas, 6. Fernando, 25. Fernandinho, 7. James Milner; 8. Samir Nasri; 10. Edin Dzeko.
Pelatih: Manuel Pellegrini

Lima Pertandingan Terakhir Roma
10/11/14 Serie A Roma 3-0 Torino
23/11/14 Serie A Atalanta 1-2 Roma
26/11/14 Liga Champions CSKA Moskwa 1-1 Roma
01/12/14 Serie A Roma 4-2 Inter
07/12/14 Serie A Roma 2-2 Sassuolo

Lima Pertandingan Terakhir Manchester City
22/11/14 Premier League Manchester City 2-1 Swansea City
26/11/14 Liga Champions Manchester City 3-2 Bayern München
30/11/14 Premier League Southampton 0-3 Manchester City
04/12/14 Premier League Sunderland 1-4 Manchester City
07/12/14 Premier League Manchester City 1-0 Everton FC

Pertemuan Terakhir
01/10/14 Liga Champions Manchester City 1-1 Roma

Sumber : beritasatu.com