PT Bestprofit Medan

Satu Lagi Bukti Olahraga Bisa Memperkuat Ingatan

PT Bestprofit Futures Medan

PT. Bestprofit Futures Medan

– Jakarta, Terbaru, sebuah penelitian di Belanda membuktikan bahwa olahraga juga berhubungan dengan kemampuan menyerap informasi baru. Olahraga 4 jam setelah mempelajari sesuatu membuat materinya ‘nyantol’ lebih lama di otak.

“Memori jangka panjang yang persisten tergantung pada keberhasilan dalam menstabilkan dan mengintegrasikan memori baru setelah encoding di awal,” kata Prof Guillen Fernandez dari Radboud University Medical Center, dikutip dari Dailymail, Jumat (17/6/2016).

Proses konsolidasi ingatan menurut Prof Guillen membutuhkan beberapa faktor, seperti hormon dopamin dan noradrenalin, serta faktor neurotropik dari otak. Tanpa adanya faktor-faktor tersebut, informasi baru tidak akan bertahan lama di otak.

Untuk membuktikan pengaruh olahraga pada proses konsolidasi ingatan, sebuah eksperimen dilakukan pada 72 orang partisipan. Para partisipan diminta mempelajari 90 gambar yang berhubungan dengan lokasi, selama 40 menit.

Secara acak, para partisipan dibagi menjadi 3 kelompok. Satu kelompok langsung berolahraga, sedangkan sisanya berolahraga 4 jam kemudian atau tidak olahraga sama sekali.

Dua hari berikutnya, mereka diminta mengingat gambar-gambar tersebut sembari menjalani pemindaian otak dengan MRI (Magnetic Resonance Imaging). Hasilnya, ingatan paling baik dimiliki oleh kelompok yang berolahraga 4 jam setelah belajar, dan yang paling buruk adalah yang tidak olahraga sama sekali.

Proses konsolidasi ingatan menurut Prof Guillen membutuhkan beberapa faktor, seperti hormon dopamin dan noradrenalin, serta faktor neurotropik dari otak. Tanpa adanya faktor-faktor tersebut, informasi baru tidak akan bertahan lama di otak. –┬áPT Bestprofit Futures Medan

Sumber oleh : health.detik.com