PT Bestprofit Medan

Sekolah Negeri Tidak Boleh Ada Pungutan Karena Ada BOS

Best Profit Futures 5Best Profit Futures – Bantuan Operasional Sekolah (BOS) merupakan program pemerintah yang pada dasarnya adalah untuk membantu penyediaan dana biaya operasional bagi satuan pendidikan sebagai dasar pelaksana program wajib belajar. Bagi sekolah berstatus negeri dilarang memberlakukan pungutan kepada siswa dengan dalih apa pun. Kelangsungan sekolah sudah dibiayai pemerintah melalui dana BOS. Pungutan pembiayaan pembangunan segala macam itu tidak bisa dilakukan di sekolah negeri, kecuali kalau status sekolahnya swasta. Untuk sekolah negeri itu semuanya sudah dibiayai pemerintah.

Namun pada prakteknya masih banyak pungutan yang dilakukan oleh sekolah. Adanya pungutan tersebut diduga terjadi atas persetujuan komite sekolah. Seperti dikatakan oleh Kemikson Tarung, Wakil Ketua Komisi I DPRD, para siswa merasakan bahwa pungutan yang dilakukan sekolah terkesan dipaksakan. Meskipun dia mengatakan lebih lanjut bahwa hal tersebut masih perlu adanya pembuktian. Kemikson juga menghimbau bagi para siswa yang merasa keberatan dengan pungutan yang ditetapkan sekolah dapat melaporkan hal ini kepada team nya.

Di tempat terpisah Ketua Komite SMKN 1 Sampit, Suparmadi membantah pungutan yang ditetapkan komite sejauh ini memberatkan orangtua siswa. Bahkan besarannya berdasarkan kesepakan bersama antara pihak komite dengan sekolah. Uang pembangunan itu, lanjutnya digunakan untuk membiaya pembangunan fasilitas sekolah yang tidak ter-cover pemerintah. “Sistem yang kami terapkan awalnya dengan membuat perencanaan. Kemudian seluruh orangtua diundang membahas apa yang diusulkan pengurus komite. Dan perlu dicatat kita tidak melakukan pungutan kepada mereka. Dan yang digunakan berasal dari dana sisa setiap pos kegiatan sekolah yang kita sisihkan,” ujar Suparmadi.

Begitu banyak sekali permasalahan dalam dunia pendidikan di Indonesia. dengan begitu beragamnya permasalahan, salah satu kebijakan pemerintah yakni BOS secara umum bertujuan untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam rangka wajib belajar yang bermutu.

PT.BESTPROFIT FUTURES MEDAN

Sumber : kesekolah.com