PT Bestprofit Medan

Sepak Terjang Ford Motor Indonesia

PT Bestprofit Futures Medan

PT Bestprofit Futures Medan

РJakarta -Tak ada hujan tak ada angin, setelah berkiprah selama 13 tahun, produsen mobil Amerika, Ford memutuskan untuk menghentikan semua operasi di Indonesia.

Keputusan Ford Motor Company yang juga menghentikan operasi di Jepang, pastinya disayangkan oleh banyak kalangan, terutama mereka pengguna mobil Ford di Indonesia.

Seperti apa kiprah Ford, berikut detikOto sarikan.

1. 2002

Seperti dikutip Reuters, Ford memasuki pasar otomotif tanah air

2. 2007

Ford Motor Indonesia (FMI) mencatat penjualan 25.000 unit untuk periode 2002-2007. Angka itu ditengarai telah melampui target. Hingga saat ini Ford telah memiliki 26 dealer dari Banda Aceh hingga Jayapura. Tahun 2007 pula Ford mencetak rekor sebanyak 6.309 unit.

3. 2008

Ford meluncurkan beberapa model seperti Escape. Tahun 2008, Ford menargetkan menjual 8.000 unit kendaraan.

Ford juga aktif menggelar pelatihan ‘Driving Skills For Life’ yang ditujukan bagi para driver yang kurang memahami teknik mengendarai kendaraan roda empat yang baik dan benar.

Program DSFL ini didukung oleh Departemen Perhubungan dan Kepolisian Republik Indonesia, dengan sertifikasi pelatihan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Program DSFL resmi diluncurkan dengan sukses pada 25 Oktober 2008.

4. 2009

Ford membuka diler mereka yang ke-30 di Indonesia, tepatnya di kawasan Jatibening, Bekasi. Diler terletak di dekat jalan tol.

Selain itu Ford Motor Indonesia (FMI), mengawali tahun 2009 dengan memperkenalkan program Extended Warranty. Program ini merupakan program teranyar FMI dalam memberikan layanan service bagi pengguna Ford.

Ford juga meluncurkan mobil seperti Focus, Ranger serta Everest. Mobil hatchback populer, Fiesta, mulai dikenalkan Ford kepada publik Indonesia.

5. 2010

Ford melakukan sedikit perubahan pada Everest. Meluncurkan mobil Ford Fiesta pertama kali di Indonesia pada 23 Juli 2010. Model sedannya menyusul.

Bulan Juni Ford merilis Escape dengan harga yang diturunkan dari model sebelumnya. Ford juga melakukan permak model Focus.

Tahun ini juga Ford membuka outlet ke-33 di daerah Bekasi. Ford juga membuka cabang di Malang.

6. 2011

Ford sempat tersangkut kasus oknum pegawai pajak Gayus Tambunan. PT Ford Motor Indonesia masuk dalam daftar 151 perusahaan yang pajaknya pernah ditangani oleh Gayus Tambunan. Namun Ford mengakui tidak ada masalah dalam pembayaran pajak.

Ford juga batal merilis sedan Fiesta tahun 2011. Ford merilis tampilan Ranger terbaru.

Hatchback Ford Fiesta terjual sebanyak 5.300 unit.

Bagus Susanto menggantikan Will Angove sebagai Managing Director PT Ford Motor Indonesia.

7. 2012

Ford mulai memperkenalkan EcoSport, mobil SUV dari Fiesta. Selain itu Ford juga merilis sedan Fiesta dan Ranger. Ford juga memperlihatkan tampilan teranyar Focus.

Ford menghentikan penjualan SUV Escape karena ditutupnya pabrik Escape di Filipina.

8. 2013

Ford kembali memperkenalkan mobil EcoSport. Sebuah SUV perkotaan yang sanggup melibas banjir setinggi setengah meter.

Ford juga memperkenalkan mobil dengan teknologi mesin 3 silinder yang  irit BBM, EcoBoost.

Ford merilis Fiesta terbaru dengan grille yang mirip mobil Aston Martin seperti terlihat sekarang.

9. 2014

Setelah mesin 1.500 cc, Ford merilis Fiesta dengan mesin EcoBoost 1 liter. Ford juga meluncurkan mobilEcoSport.

Fitur SYNC yang mempermudah pengendara dalam mengakses berbagai fitur hiburan di dalam mobil mulai diperkenalkan.

Ford meresmikan 3 diler baru di wilayah Kelapa Gading, kedua di Bogor dan Yogyakarta.

Perangkat Ford Indonesia di Ford Global terangkat. Dengan membukukan penjualan sebanyak 12.000 unit sepanjang 2014 lalu, peringkat Indonesia naik dari urutan 11 di 2013 menjadi 9 pada 2014 lalu berkat penjualan EcoSport.

10. 2015

Ford Motor Indonesia meluncurkan New Ranger, New Focus, dan All new Everest. Ketiganya diluncurkan perdana di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015. Ford meresmikan 9 diler secara serentak.

11. 2016

25 Januari 2016 Ford mengumumkan penghentian operasi di Indonesia pada paruh kedua tahun 2016. Ford juga menghentikan proses impor mobil Ford.

“Kami ingin memastikan bahwa Anda dapat terus mengunjungi dealer Ford untuk semua dukungan layanan penjualan, servis, dan garansi hingga beberapa waktu ke depan tahun ini. Kami berkomitmen untuk menyediakan kesinambungan dukungan pelayanan servis dan garansi setelah kepergian kami dan akan menghubungi Anda lagi sebelum proses pergantian untuk memberitahukan mengenai pengaturan yang baru,” ujar Managing Director PT Ford Motor Indonesia Bagus Susanto.

PT Bestprofit Futures Medan

PT Bestprofit Futures Medan

Sumber Oleh : oto.detik.com