PT Bestprofit Medan

Spanyol Lupakan Tiki-taka, Belanda Siapkan Serangan Balik

Best Profit Futures 5Siaran langsung, ANTV dan TV One, Sabtu (14/6) pukul 02.00 WIB

Best Profit Futures – Pertemuan Spanyol dan Belanda di laga pembuka Grup B Piala Dunia 2014 seakan membalikkan waktu ketika kedua tim bentrok di final empat tahun lalu. Spanyol yang kali ini menjadi juara bertahan pastinya tidak akan memandang remeh Belanda meski empat tahun lalu menang 1-0 berkat gol Andres Iniesta di babak tambahan.

Buat Belanda, laga yang akan dimainkan di Arena Fonte Nova, Sabtu (14/6) dini hari nanti, jelas menjadi pembuktian sekaligus pembalasan mereka atas kegagalan pada empat tahun lalu.

Pelatih Spanyol Vicente del Bosque menegaskan timnya akan mengusung filosofi permainan menyerang. Sedangkan pelatih Belanda Lous van Gaal menekankan pentingnya pertahanan dan berharap satu dari tiga pemain depannya, Robin van Persie, Arjen Robben atau Wesley Sneijder, bisa mencetak gol melalui skema serangan balik.

Hal itu dikuatkan dengan pernyataan gelandang Arjen Robben. Menurutnya yang terpenting adalah hasil akhir bukan cara bermain tim.

“Saya merasa kami saat ini tidak bermain tiki-taka atau sepak bola indah. Pada akhirnya, semua soal hasil,” ujar Robben.

“Serangan balik adalah senjata yang sangat berbahaya dan kami akan menggunakan ini di turnamen ini,” lanjutnya.

Van Gaal sendiri mengatakan timnya harus menyediakan ruang yang sempit untuk melawan Spanyol yang dikenal dengan operan-operan pendek. Dia akan melupakan gaya khas permainan Belanda yang dikenal dengan Total Football.

Untuk itu dia akan memainkan lima bek, tiga gelandang dan dua pemain di depan. Khusus di lini depan dia akan menurunkan striker Robin van Persie dan gelandang sayap Arjen Robben.

“Kami ingin memberikan ruang yang sempit untuk penyerang Spanyol,” ujar Van Gaal.

Jika Belanda mengalami perubahan besar sejak empat tahun lalu dan absennya Kevin Strootman karena cedera, Spanyol justru sebaliknya.

Tim Matador sepertinya tidak akan membuang gaya permainan khas mereka yang telah menuai banyak pujian dalam beberapa tahun terakhir.

Spanyol sedang berambisi besar untuk memenangkan empat turnamen besar mereka secara beruntun dan menjadi negara pertama yang berhasil mempertahankan gelar juara dunia. Sebaliknya, Belanda masih mencari gelar juara dunia pertama setelah kalah dalam tiga final.

“Kita perlu menjaga fokus dan tetap berpegang pada filosofi gaya bermain yang telah membawa kita begitu banyak keberhasilan,” kata bek Sergio Ramos.

“Kami tidak perlu mengubahnya, kita hanya perlu untuk mempertahankannya. Tapi kami tetap akan menghormati lawan kami dan itu menjadi prioritas,” tambahnya.

Salah satu perubahan besar di tim Spanyol adalah kehadiran Diego Costa. Striker kelahiran Brasil itu menjadi amunisi baru di lini depan yang siap mengancam gawang lawan.

“Setiap hari saya merasa lebih baik. ‘Saya sangat termotivasi, saya pikir saya 100 persen sudah siap. Saya tidak sabar untuk kompetisi untuk memulai,” ujar Costa yang sudah mengemas 36 gol pada musim lalu di semua kompetisi.

Perkiraan Pemain

Spanyol ( 4-2-1-3): Cassilas; Azpilicueta, Ramos, Pique, Alba; Alonso, Busquets; Xavi; Costa, Fabregas, Iniesta.

Belanda (5-2-1-2): Vorm; Jaanmat, De Vrij, Vlaar, Martins Indi, Blind; Claise, De Guzman; Sneider; Robben, Van Persie.

Wasit: Nicola Rizzoli

Catatan Pertemuan

Belanda 0-1 Spanyol Piala Dunia 2010

Belanda 1-0 Spanyol Persahabatan 2002

Spanyol 1-2 Belanda Persahabatan 2000

Spanyol 1-1 Belanda Persahabatan 1987

Belanda 2-1 Spanyol Persahabatan 1983

PT.BESTPROFIT FUTURES MEDAN

Sumber : pialadunia.beritasatu.net