PT Bestprofit Medan

Sudah Ubah Gaya Hidup Tapi Bobot Tak Turun-turun, Bisa Jadi Ini Sebabnya

PT Bestprofit Futures Medan

PT Bestprofit Futures Medan

– Jakarta, Sudah mengurangi porsi makan dan rajin olahraga, tapi berat badan kok tidak kunjung turun? Bisa jadi ini karena cara Anda yang salah. Metode penurunan berat badan jika dilakukan secara asal-asalan biasanya hasilnya adalah nol.

Demikian dituliskan pakar gizi Jansen Ongko, MSc, RD dalam bukunya yang berjudul ‘Fit Teen’s Diary’. Menurutnya, kebanyakan orang yang ‘katanya’ berdiet ketat dan sembarangan menurunkan berat badan, justru lebih sering gagal. Salah satu penyebab gagalnya adalah karena berlebihan saat berubah.

“Saking ingin cepat turun, kita sama sekali nggak makan makanan favorit seperti bakso atau es krim. Lalu dari jarang olahraga tiba-tiba rutin melakukannya. Ini adalah indikasi kita terlalu berlebihan saat berusaha berubah, sementara tubuh dan pikiran kita sulit beradaptasi dengan perubahan mendadak tersebut,” ungkap Jansen.

Ia menegaskan, hindari langsung mengeliminasi makanan favorit atau yang dianggap junk food, tapi kurangi frekuensi memakannya secara perlahan sambil ‘memperkenalkan’ lidah kita dengan alternatif makanan yang lebih sehat.

“Begitu juga dengan olahraga, sesuaikan dengan kemampuan tubuh. Berolahraga memang sehat tapi kalau dilakukan secara berlebihan hanya akan membuat tubuh dan pikiran stres, sehingga manfaatnya akan berkurang,” tutur nutrisionis lulusan California State University, Los Angeles ini.

Kesalahan lainnya adalah dengan berpatokan pada angka timbangan. Jansen menuturkan, patokan bentuk tubuh ideal bukanlah hanya dari berat badan di atas timbangan. Meskipun timbangan merupakan salah satu faktor pengukur yang dianggap penting bagi sebagian orang, namun penurunan kadar lemak tubuh faktanya tak selalu diikuti dengan penurunan berat badan.

Bahkan faktanya, perubahan komposisi tubuh akibat lemak yang mengalami penyusutan jika dibarengi dengan bertambahnya otot karena rajin berolahraga akan membuat bentuk tubuh lebih baik. Meskipun kemudian angka di timbangan tak bergeser ke kiri.

“Jadi tidak usah heran kalau kamu sudah merasa diet dengan benar dan tubuh mulai terbentuk, namun beratnya tak turun banyak. Ini karena sebenarnya massa ototmu bertambah,” terang Jansen. PT Bestprofit Futures Medan

Sumber oleh : health.detik.com