PT Bestprofit Medan

Survei: Penyakit yang Menyerang Otak Lebih Ditakuti Dibanding Kanker

PT Bestprofit Futures Medan

PT. Bestprofit Futures Medan

– Jakarta, Jika ada kesempatan untuk sehat, tentunya tidak seorangpun akan memilih sakit. Namun jika harus memilih, survei membuktikan sebagian besar partisipan ingin menghindari penyakit-penyakit yang menyerang otak.

Survei yang dilakukan pada 2.000 orang di Inggris ini mengungkap bahwa sakit secara fisik atau bahkan meninggal lebih cepat dianggap lebih baik daripada harus mengalami pikun akibat kerusakan otak. Penyakit-penyakit saraf tercatat paling ditakuti, yakni oleh 45 persen responden.

Sebagai pembanding, hanya 35 persen partisipan yang takut didiagnosis kanker. Bahkan, hanya 2 persen dari seluruh partisipan yang takut terserang penyakit jantung koroner. Padahal, penyakit yang disebutkan terakhir adalah pembunuh nomor satu di seluruh dunia.

Salah satu alasan untuk lebih takut pada penyakit yang menyerang otak adalah dampak yang ditimbulkannya. Saat mengalami pikun misalnya, kualitas hidup menurun drastis dan secara sosial juga dianggap sangat menderita.


Selain pikun, beberapa penyakit lain juga banyak ditakuti oleh para responden. Di antaranya adalah Huntington’s disease dan multiple schlerosis. Keduanya juga menyerang sistem saraf pusat, termasuk otak sebagai pusatnya.

“Kita juga tahu bahwa mengidap gangguan neurologis bukan akhir dari segalanya, kualitas perawatan dan pengobatan dapat benar-benar membantu pasien beradaptasi dan sedapat mungkin hidup secara utuh,” kata Sue Hogston, kepala perawat di Sue Ryder seperti dikutip dari Dailymail, Kamis (16/6/2016). – PT Bestprofit Futures Medan

Sumber oleh : health.detik.com