PT Bestprofit Medan

Tak Cuma Pegal, Berkendara dalam Waktu Lama Juga Berisiko Kanker Kulit

PT Bestprofit Futures Medan

PT. Bestprofit Futures Medan

– Jakarta, Sebagian orang memang lebih memilih bepergian jauh dengan menggunakan mobil pribadi. Apalagi kalau bukan karena sudah terjamin kenyamanannya dan tidak perlu takut kepanasan maupun kehujanan.

Akan tetapi hasil studi terbaru dari Amerika mengungkap, mereka yang berkendara dengan mobil dalam waktu lama sebaiknya juga melindungi diri dari paparan sinar ultraviolet (UV).

Bagaimana bisa begitu? Dr Jayne Weiss, kepala bagian oftalmologi di LSU Health New Orleans School of Medicine mengatakan, satu-satunya kaca jendela mobil yang bisa melindungi pengendara dari paparan sinar UV matahari adalah kaca depan.

Ini karena kaca depan biasanya terbuat dari kaca film khusus dan telah lulus uji keamanan, bahkan mengandung SPF 50. Sedangkan kaca jendela lainnya rata-rata tidak memenuhi standar yang sama dan hanya mengandung SPF tak lebih dari 20 saja.

“Kaca depan bisa memberikan perlindungan yang luar biasa terhadap sinar UV, yang telah lama dikaitkan dengan risiko kanker kulit dan katarak, tetapi kaca jendela samping kiri dan kanan belum tentu,” tandas Weiss seperti dilaporkan The Sun.


Weiss menduga ini ada hubungannya dengan kurangnya pemahaman masyarakat tentang sehat tidaknya kaca jendela mobil mereka. Padahal sejumlah penelitian yang dilakukan di Amerika lainnya juga mengungkap, kanker kulit satu sisi umumnya ditemukan pada mereka yang sering berkendara dengan mobil.

Untuk itu disarankan agar mengganti kaca jendela samping dengan kaca film khusus yang dapat menahan paparan sinar UV-A, dan tetap menggunakan tabir surya serta kacamata hitam.

WHO juga melaporkan di seluruh dunia diperkirakan 900.000 orang menjadi buta akibat katarak yang dipicu oleh paparan sinar UV. Bahkan diperkirakan satu dari lima kasus katarak yang ada disebabkan oleh paparan UV.

Meski demikian, dari hasil penelitian yang dilakukan Dr Brian Boxer Wachler dari Boxer Wachler Vision Institute, Beverly Hill bulan lalu menyebut, kaca jendela mobil secara keseluruhan tak efektif menangkal paparan sinar UV dari matahari, sehingga dapat meningkatkan risiko kanker kulit atau melanoma.

“Hal ini juga berlaku bagi mobil yang diproduksi dengan kaca gelap. Bahan yang digunakan untuk membuat kaca lebih berpengaruh daripada merek mobil atau teknologi lainnya,” tutur Dr Brian seperti dikutip dari Reuters beberapa waktu lalu. PT Bestprofit Futures Medan