PT Bestprofit Medan

Tanda-tanda Ketika Olahraga Sudah Melampaui Batas

PT Bestprofit Futures Medan

PT Bestprofit Futures Medan

– Jakarta, Olahraga sangat bagus untuk kesehatan dan ahli menyarankan agar seseorang melakukannya minimal 150 menit dalam seminggu. Namun bila Anda mampu tidak ada salahnya olahraga lebih dari yang dianjurkan, namun hati-hati agar jangan sampai melampaui batas kemampuan fisik.

Disebut oleh peneliti dalam jurnal Circulation bahwa ketika seseorang sering berolahraga melampui batas maka jantungnya akan bisa mulai berdetak tak beraturan. Kondisi ini disebut atrial fibrillation (AF) dan berkaitan erat dengan risiko seperti stroke, serangan jantung, penyakit ginjal, dan bahkan kematian.

Lalu bagaimana cara tahu apabila olahraga yang kita lakukan sudah terlalu berlebih dan berdampak buruk? dr Aaron Baggish dari Cardiovascular Performance Program, Massachusetts General Hospital, mengatakan setidaknya ada empat hal yang bisa diperhatikan.

Tanda pertama adalah hadirnya nyeri dada. Menurut dr Baggish rasa sakit di dada bisa menjadi petunjuk dasar munculnya kondisi seperti penyakit arteri koroner.

“Selain itu apabila Anda kesulitan bernapas ketika melakukan aktivitas biasa saja yang Anda lakukan pada seminggu atau sebulan lalu, maka jelas ada masalah,” kata dr Aaron seperti dikutip dari Harvard Health Publications, Selasa (13/9/2016).

Tanda berikutnya adalah kepala terasa pusing saat olahraga. Penyebab umumnya bisa karena dehidrasi namun bisa juga karena masalah yang lebih serius seperti kerusakan pada jantung, paru, dan pada kasus langka stroke.

Nyeri pada persendian juga bisa jadi tanda olahraga sudah melampaui batas. Penyebabnya menurut dr Aaron bisa karena cedera akibat beban yang berlebih pada sendi.

“Bila tanda-tanda tersebut muncul jangan paksakan diri berolahraga yang mungkin malah bisa merusak jantung atau otot. Hubungi dokter Anda dan periksakan gejala,” pungkas dr Aaron. PT Bestprofit Futures Medan

Sumber oleh : health.detik.com