PT Bestprofit Medan

Terjang Hambatan Satu Demi Satu: Kisah si Koki Buta Asal Vietnam

motivasi bisnis

BEST PROFIT FUTURES. Ketika Anda menjalankan bisnis, mengelola sebuah perusahaan atau organisasi atau bahkan sekedar mengurus keluarga di rumah, pernahkah Anda menghadapi masalah yang begitu besar sehingga Anda berpikir bahwa hambatan tersebut tak akan pernah bisa diatasi dan anda bahkan tidak memiliki motivasi bisnis untuk sukses sama sekali? Jika ya, mungkin itu hanya karena Anda melihat masalah tersebut sebagai satu gunungan hambatan, bukan rangkaian dari sederet masalah kecil yang bisa diselesaikan satu demi satu.Ambil contoh dari kisah inspiratif Christine Ha, koki buta asal Vietnam yang tahun lalu menjadi juara kompetisi memasak Masterchef US 3 dan kini telah menerbitkan buku berjudul Recipes from My Home Kitchen. Tidak hanya itu, Christine juga merupakan mahasiswa S2 jurusan sastra di Texas yang kini sudah menerbitkan buku kumpulan cerpen. Semua itu diraihnya dalam keadaan tidak bisa melihat. Lalu, bagaimana kemalangan yang dialaminya menjadi pendorong dan motivasi bisnis baginya untuk terus maju? Karena prinsip hidup Christine yang mengatasi hambatan satu demi satu, bukan merasa ketakutan melihat gunungan hambatan yang datang menghadang.

 

Selesaikan Masalah Satu-persatu, Kunci Kesuksesan

Perjalanan kesuksesan Christine bisa menjadi bahan seminar motivasi bisnis manapun; ia perlahan kehilangan penglihatan pada usia 22 tahun, saat sedang berada di puncak hidup. Alih-alih putus asa, Christine mulai belajar lagi semua hal yang pernah dilakukannya saat masih bisa melihat; mulanya ia belajar menyesuaikan diri dengan kehidupan di rumah, lantas mulai belajar tanpa membaca buku, dan mulai lagi memasak yang menjadi kesukaannya.

Ketika mengikuti kompetisi, Christine mengalami hambatan dibandingkan dengan peserta lainnya, namun ia berusaha mengatasinya dengan cara mengenali dulu semua tantangan yang diberikan beserta hambatan yang mungkin dimilikinya, kemudian memilih jenis menu masakan atau gaya memasak yang paling sesuai untuknya sampai akhirnya ia berhasil membuat satu demi satu jenis masakan tiap kali satu babak berakhir.

Selain mengenali tiap hambatan satu-persatu dan menyelesaikannya satu-persatu pula, Christine memiliki cara untuk memaksimalkan metode pemecahan masalahnya, yaitu melibatkan semua keuntungan yang dimilikinya. Misalnya, ia selalu memilih masakan yang profil rasanya kaya dan tajam karena indera pengecap dan penciumannya jauh lebih tajam, dan ia selalu berusaha untuk tetap di jalur masakan Asia yang dikuasainya agar mendapat keuntungan ekstra dalam tiap tantangan.

Kesimpulannya, dengan menyelesaikan tantangan satu-demi satu sambil menyesuaikan diri, Christine juga menerapkan salah satu prinsip motivasi bisnis yang paling berharga; gunakan semua hal yang kau punya secara maksimal, daripada menunggu sampai kau sempurna dan akhirnya tak pernah mencoba sama sekali.

 

Rahasia Christine Ha dalam Mengatasi Hambatan Besar

Dalam setiap kesempatan wawancara selama pertandingan, Christine selalu menekankan bahwa setelah menerima kenyataan bahwa dirinya tak akan bisa melihat lagi, ia selalu meyakinkan dirinya bahwa segunung masalah yang dihadapinya semenjak menjadi buta sebenarnya hanyalah sederet masalah kecil. Setelah membereskan masalah satu persatu, ia pun menjadi semakin percaya diri untuk mencoba hal-hal yang besar, misalnya ikut kompetisi memasak nasional Amerika Serikat.

Dengan meniru Christine, Anda pun bisa menerapkan prinsip serupa dalam bisnis. Ketika Anda menghadapi suatu masalah besar, berpikirlah dengan tenang dan lihatlah bahwa semua masalah tersebut ternyata hanya sederet masalah kecil yang harus dipikirkan satu-persatu. Begitu masing-masing sudah selesai, Anda akan lihat bagaimana masalah Anda sebenarnya sudah terselesaikan.

Jadi, jangan takut dengan kedatangan masalah besar. Kenakan kacamata motivasi bisnis dari Christine Hal dan yakinlah bahwa masalah Anda itu akan bisa diselesaikan asal dilakukan satu-persatu.