PT Bestprofit Medan

Terlalu Lama Duduk? Ini yang Anda Dapat

Best Profit Futures 6Best Profit Futures – Duduk adalah salah satu kegiatan yang paling banyak mendominasi hidup Anda. Hampir semua aktivitas Anda lakukan dengan duduk. Banyak sekali waktu yang telah di habiskan pada kegiatan yang satu ini. Berbagai faktor yang menjadi penyebabnya. Bagi pekerja kantoran, banyak sekali pekerjaan yang harus mereka selesaikan dengan hanya duduk di ruang kerja. Begitupun bagi yang hobi berinternet, duduk selama berjam-jam pun tidak akan pernah mereka sadari. Tanpa Anda sadari, kebiasaan tersebut secara perlahan akan mengganggu kesehatan tubuh. Saat Anda duduk lama, enzim pembakar lemak pada otot-otot berhenti bekerja. Ini menyebabkan kadar kolesterol melonjak, begitu pula risiko terkena penyakit jantung. Inilah akibat terparah jika Anda duduk 8-10 jam dengan posisi sama dan tidak segera menyadari kebiasaan buruk tersebut.

1. Meningkatnya Risiko Diabetes
Wanita yang duduk selama 7 jam sehari memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena diabetes. Bila kebiasaan ini dilakukan rutin secara terus-menerus setiap hari, maka siap-siap untuk terkena penyakit ini.

2. Sakit Punggung
Kebiasaan duduk terlalu lama biasanya dialami orang-orang kantoran. Salah satu akibat duduk terlalu lama adalah sakit punggung bagian bawah atau pada bagian tulang belakang secara keseluruhan. Hal itu dikarenakan otot menjadi kaku akibat duduk terlalu lama.

3. Nyeri di Leher
Duduk dalam posisi tegak berjam-jam akan menimbulkan rasa nyeri pada bagian leher. Rasa sakit ini disebabkan karena adanya peradangan pada bagian sendi tulang belakang.

4. Gangguan Fungsi Metabolik
Menurut sebuah penelitian, duduk terlalu lama sampai berjam-jam dapat mengganggu sistem metabolisme dalam tubuh. Efek yang ditimbulkan adalah terjadi penurunan kolesterol dalam tubuh. Ini akan mengakibatkan pada masalah kesehatan secara keseluruhan.

5. Mati Muda
Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin lama Anda duduk, maka semakin pendek pula usia Anda. Ini dikarenakan duduk selama berjam-jam akan mengembangkan lemak darah dan juga meningkatkan kadar kolesterol. Risiko yang terjadi adalah Anda bisa terkena penyakit kardiovaskular yakni serangan jantung dan juga penyakit lainnya yang dapat menyebabkan kematian.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar terhindar dari gangguan kesehatan akibat duduk terlalu lama: 

*Perbanyak Minum Air Putih
Meminum air putih adalah salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan berbagai efek buruk akibat terlalu lama duduk. Banyak meminum air putih akan dapat membantu memperlancar metabolisme dalam tubuh, selain itu langkah ini juga untuk menyiasati agar kita dapat beraktivitas fisik ringan seperti berjalan mengambil air maupun buang air kecil. Konsumsilah hanya minum air yang steril dan telah terfilter dengan benar.

*Gunakan Tangga
Daripada menggunakan lift, lebih baik menggunakan tangga sekalian olahraga ringan. Hal ini dapat membuat tubuh Anda lebih bugar.

*Berdiri Sebentar Setiap 30 Menit Sekali
Berdirilah atau melakukan aktivitas ringan setiap 30 menit sekali untuk merilekskan tubuh Anda dari kekakuan.

Selain itu Anda disarankan melakukan aktivitas fisik secara rutin, misalnya berjalan kaki selama 30 menit setiap hari. Cobalah untuk mengurangi periode duduk agar tidak melebihi 8 jam per hari. Dan yang terpenting adalah jangan lupa untuk cukup minum air putih dan rajin melakukan olahraga yang meningkatkan gerakan tubuh bagian atas, misalnya berenang. Kerjaan lancar, kesehatan pun terjaga.

PT.BESTPROFIT FUTURES MEDAN

Sumber : kesekolah.com