PT Bestprofit Medan

Terlalu Narsis? Awas Gejala Gangguan Kepribadian Narsistik!

Best Profit Futures 6Best Profit Futures – Mungkin Anda mengenal seseorang yang bisa dibilang terlalu narsis, sampai-sampai menganggap dirinya spesial dan orang lain tidak berharga. Anda pasti merasa sangat kesal dengan orang semacam itu. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat gangguan kepribadian, namanya narsistik yang salah satu gejalanya adalah berperilaku sangat narsis?

Gangguan kepribadian narsisistik adalah gangguan mental di mana orang-orang memiliki perasaan ego yang tinggi dan kebutuhan yang mendalam akan kekaguman. Penderita narsistik percaya bahwa mereka lebih unggul daripada orang lain dan kurang memperhatikan perasaan orang lain. Tetapi di balik topeng tersebut terdapat harga diri yang rapuh, rentan terhadap kritik sedikit.

Gangguan kepribadian narsisistik adalah salah satu dari beberapa jenis gangguan kepribadian. Gangguan kepribadian kondisi di mana orang-orang memiliki sifat-sifat yang menyebabkan mereka untuk merasakan dan berperilaku dalam cara-cara mengasingkan diri dari ruang sosial, membatasi kemampuan mereka untuk berhubungan dengan lingkungan lain di luar lingkungan mereka, seperti bekerja atau sekolah.

Gangguan kepribadian narsistik dicirikan dengan perilaku emosional serta dramatis, dan gejala-gejalanya seperti berikut ini: 
1. Seorang yang mengalami gangguan narsistik dipenuhi fantasi tentang kecantikan, ketampanan, kekuasaan, kepandaian, kesuksesan, atau cinta.
2. Tidak berempati atau tidak mampu mengetahui atau mengenali perasaan dan kebutuhan orang lain.
3. Selalu menganggap dirinya lebih baik daripada orang lain
4. Terus-menerus mengharapkan pujian dan kekaguman
5. Menganggap dirinya paling hebat
6. Memiliki sifat iri dan berpikir bahwa orang lain akan iri terhadapnya
7. Selalu ingin diistimewakan
8. Emosional, keras hati dan memiliki kepribadian yang rapuh

Walaupun kepercayaan diri sangat penting, namun jika berlebihan sampai merasa diri spesial bahkan memuja diri sendiri, ini bukan kepercayaan diri yang sehat. Kalau Anda memiliki kepercayaan diri yang sehat, maka Anda tidak akan menganggap diri lebih penting daripada orang lain. Jika Anda memiliki gangguan kepribadian ini, belum tentu Anda menyadari ada yang salah dengan perilaku Anda, mungkin karena terlalu yakin bahwa diri sendiri yang paling benar. Namun, kepribadian narsistik dapat menimbulkan berbagai masalah di banyak aspek kehidupan seperti kehidupan sosial, sekolah atau pekerjaan, serta keuangan Anda.

PT.BESTPROFIT FUTURES MEDAN

Sumber : kesekolah.com