PT Bestprofit Medan

The Fed Lancarkan Tumpuan Penguatan Harga Emas LLG

Best Profit Futures 7Best Profit Futures – Harga emas LLG pada perdagangan pekan lalu terpantau ditutup menguat cukup signifikan secara agregat sepekan. Penguatan harga emas LLG pada pekan lalu dipicu oleh dorongan kuat dari belum diputuskannya periode peningkatan tingkat suku bunga oleh The Fed meskipun perekonomian AS telah bergerak membaik.

Aksi wait and see pada pekan lalu terpantau berujung pada penguatan cukup signifikan harga emas LLG. Aksi tunggu terhadap rilis keputusan The Fed terhadap potensi pemercepatan peningkatan tingkat suku bunga, menjadi perhatian utama para investor di bursa perdagangan emas. Namun, kekhawatiran akan dipercepatnya peningkata suku bunga di AS pasca rentetan data positif di Amerika Serikat, lebih berdampak pada dorongan harga emas untuk melemah.

Walaupun demikian, pasca rilis keputusan The Fed, harga emas akhirnya rebound signifikan pasca keputusan akhir belum memberikan indikasi pemercepatan peningkatan suku bunga AS. Dampak dari kebijakan tersebut, investor kembali beralih pada komoditas emas untuk menghindari potensi nilai USD yang masih akan cenderung berada dalam trend bearish akibat tingkat suku bunga yang rendah.

Dorongan penguatan dari sentimen keputusan The Fed, bahkan terpantau kembali diperkuat dengan kondisi perekonomian Eropa yang memburuk. Berbeda dengan pergerakan perekonomian AS yang positif, rentetan data perekonomian Eropa yang didominasi dengan indikasi negatif, memperkuat pembelian emas untuk mengantisipasi lesunya perekonomian Eropa. Bahkan , permintaan terhadap emas mendapat sentimen cukup kuat dari kekhawatiran akan krisis Portugal.

Pada perdagangan emas LLG pekan lalu, harga emas LLG terpantau ditutup menguat cukup signifikan secara agregat sepekan. Harga emas LLG naik 1,3% ke tingkat harga $1.337,80/t oz atau menguat $17,20/t oz.

Sedangkan dari perdagangan emas berjangka di Bursa Comex, harga emas Comex juga terpantau ditutup menguat secara agregat sepekan. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Agustus 2014 naik 1,27% ke tingkat harga $1.337,4/t oz atau menguat $16,8/t oz.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memprediksi harga emas akan sangat dipengaruhi oleh data sektor ritel AS dan inflasi Inggris. Walaupun demikian, emas terpantau sedang berada dalam trend bullish secara teknikal pada pekan ini sehingga berpotensi untuk kembali menguat. Terkait pergerakan harga, range normal diprediksi akan berada di kisaran $1.297-$1.367 pada emas berjangka Comex kontrak Agustus 2014 dan $1.299-$1.365 pada emas LLG.

PT.BESTPROFIT FUTURES MEDAN

Sumber : Vibiznews.com