PT Bestprofit Medan

Tidur Sebentar di Siang Hari Itu Penting

Sleepy StudentBest Profit Futures – Kurang tidur tak hanya membuat seseorang menjadi tampak kusut, kurang bergairah, dan sakit, tetapi juga mempercepat kematian.  Tidur yang baik adalah 8 jam, tetapi akan lebih baik jika bisa 10 jam. Lalu bagaimana dengan orang-orang sibuk yang waktu tidurnya jauh lebih sedikit?

Sejumlah ahli percaya tidur sebentar di siang hari (nap) bisa mengurangi risiko itu. Nap terbaik dilakukan setelah 6-7 jam sejak bangun. Atau di Indonesia kira-kira jam 12.00 siang atau tepat di jam istirahat kerja. Tapi berapa lama nap paling optimal?

– Nap 10-20 menit. Penelitian menyebutkan, pilot yang tidur dalam waktu sekitar 25 menit selama di udara (tentu saja tugasnya dialihkan pada co-pilot selama nap), ia menjadi lebih siaga dan fokus. Tetapi 10-20 menit nap cukup untuk membuat seseorang lebih siaga dan fokus untuk selama 2 jam atau lebih.

– Nap selama 60 menit. Jika ini dilakukan selain mendapat manfaat dari nap 10-20 menit tadi juga  bisa meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar. Cuma harus diingat, nap 60 menit bisa mmberi efek pusing.

– Nap 90 menit. Jika ini dilakukan akan memperoleh pemulihan otak secara komplet. Manfaat yang didapat adalah meningkatkan kesiagaan, daya ingat, kemampuan belajar, kreativitas, dan performa. Selain itu efek pusing seperti dialami jika nap 60 menit, tak akan terjadi.

– Nap 5-30 menit. Mungkin karena waktu istirahat pendek, merasa tak punya waktu untuk nap. Tetapi sebaiknya dilakukan baik 5, 10 hingga 30 menit karena nap selalu memberikan efek positif, setidaknya menurunkan tekanan darah. Bahkan hanya beberapa menit pun tetap memberi manfaat.

Sumber : andriewongso