PT Bestprofit Medan

Tips Merawat Ban Mobil

Best profit Futures6Best Profit Futures, Jakarta – Ban merupakan salah satu bagian penting, yang berfungsi tidak hanya mengontrol arah dan menyangga beban kendaraan, tapu juga meredam guncangan.

Ban perlu dirawat dengan baik, aga tetap awet dan tidak membahayakan keselamatan pengemudi maupun penumpang.

Berikut beberapa tips merawat ban yang dilansir dari situs PT Toyota Astra Motor (TAM):

1. Periksa tekanan angin, paling sedikit sekali dalam sebulan. Jangan sampai tekanan angin ban kendaraan Anda berlebih maupun kurang.

2. Periksa kedalaman alur ban melalui penunjuk keausan, yakni rusuk melintang pada dasar alur telapak dengan tinggi umumnya 1,6 mm dan ditandai dengan tulisan tread wear indicator (TWI) pada dinding samping bagian atas ban. Ban harus diganti jika TWI ban sudah terlihat.

3. Balancing dan spooring disarankan untuk dilakukan. Penyelarasan ban bertujuan agar tidak terjadi getaran pada kendaraan.

4. Lakukan rotasi berkala setelah pemakaian 10.000 km, agar ban memiliki umur pemakaian yang sama dan mencegah keausan tidak merata.

5. Berhati-hati dalam memilih jalan, karena permukaan jalan yang kasar akan lebih mudah mengikis telapak ban. Apabila melewati jalan berlubang, gunakanlah bagian telapak ban dan usahakan untuk tidak membelok tiba-tiba, agar ban terhindar dari benturan samping.

Sumber : beritasatu.com