PT Bestprofit Medan

Tips Sederhana Menahan Rasa Lapar di Bulan Puasa

Best Profit Futures 6Best Profit Futures – Bulan penuh berkah yaitu bulan puasa. Bagi saudara-saudara yang beragama Muslim, puasa berarti menahan rasa haus dan rasa lapar pada jam tertentu setiap harinya selama satu bulan sampai mendekati bulan kemenangan yaitu Idul Fitri di bulan selanjutnya. Setiap Umat Muslim pada bulan ini akan menahan nafsu terutama nafsu untuk makan, ini dilakukan sebagai bentuk ketaatan kepada Allah. Pada bulan ini diharapkan agar setiap umat Muslim dapat menjalankan ibadah puasa mereka selama 30 hari dengan lancar tanpa ada halangan dan rintangan sampai pada bulan kemenangan tiba.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menahan rasa lapar di bulan puasa: 

1. Tanamkan Kesadaran dalam diri Sendiri bahwa Puasa itu adalah Ibadah bukan hanya sekedar Kewajiban.
Ini menunjukkan bahwa dalam menahan rasa lapar dan haus bukan semata-mata hanya karena kewajiban beragama saja, akan tetapi lebih tepatnya adalah bahwa Umat Muslim yang menjalankan Ibadah Puasa sebagai bentuk ketaatan dan pengabdian kepada Tuhan.

2. Jangan Mengkonsumsi Makanan Secara Berlebihan Pada saat Sahur dan Berbuka.
Walaupun kita berpuasa selama kurang lebih 13 jam bukan berarti pada saat Sahur dan berbuka Puasa kita boleh makan dengan rakus dan berlebihan. Tetap kontrol nafsu makan Anda karena ini akan memberikan dampak kurang baik bagi pencernaan Anda jika mengkonsumsi makanan secara berlebihan.

3. Mengkonsumsi Makanan yang Sehat pada saat Sahur.
Bagi Umat Muslim wajib hukumnya dalam Bulan Puasa untuk melaksanakan Sahur di pagi hari, pada saat makan Sahur mendekati waktu Imsak usahakan makan secukupnya yaitu dengan mengkonsumsi nasi, lauk-pauk, sayur, susu, buah-buahan. Anda juga dapat menambah karbohidrat seperti kentang rebus, kacang-kacangan karena karbohidrat dapat memberikan rasa kenyang yang lama pada diri Anda

4. Mengkonsumsi Air Putih Bersih Secukupnya.
Pada saat Sahur dan berbuka Puasa usahakan Anda selalu mengkonsumsi air putih, namun harus diingat jangan terlalu banyak dan berlebihan.

5. Tetap Lakukan Aktifitas Anda Seperti Biasa dan Jangan terlalu banyak Tidur.
Aktifitas sehari-hari Anda seperti; bekerja, kuliah, belajar tetap Anda jalankan sebagai rutinitas Anda. Puasa bukan berarti Anda tidak melakukan aktifitas apapun dan tidur sepanjang hari dengan alasan untuk menahan lapar. Itu adalah anggapan yang salah karena berpuasa bukan berarti berhenti melakukan aktifitas rutin.

Bulan puasa adalah bagaimana kesadaran diri bahwa menjalankan puasa adalah sebagai bentuk ketaatan dalam beragama dan jangan jadikan sebagai sebuah paksaan. Karena jika Anda menjalankanya dengan senang hati dan tulus ikhlas, maka pastinya Anda akan mendapat hikmah dari puasa yang Anda jalankan.

PT.BESTPROFIT FUTURES MEDAN

Sumber : beritasatu.com