PT Bestprofit Medan

Tujuh Makanan Penambah Stamina dan Penghilang Lelah

PT. Best Profit Futures Medan – Meskipun sudah berniat akan selalu bersemangat di hari Senin, tetap saja hari Senin adalah hari yang berat untuk memulai aktivitas. Apalagi usai long weekend seperti minggu lalu.

Rasanya pasti sangat berat untuk kembali ‘memeras’otak dan kembali bekerja. Hati dan pikiran seolah masih ada di lokasi berlibur. Hari Senin ini terasa begitu melelahkan.

Satu-satunya obat untuk menghilangkan kelelahan adalah dengan beristirahat. Selain itu, ada juga berbagai makanan yang bisa membantu Anda menghilangkan kelelahan. Keri Glassman, pendiri Nutritious Life, sebuah klinik gizi di New York mengatakan bahwa kunci menghilangkan kelelahan adalah dengan menghindari makanan yang bisa membuat Anda lebih merasa lelah, dan wajah pun terlihat lebih segar, jauh dari kesan mengantuk.

Tinggalkan jauh-jauh berbagai makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan, gula, alkohol, gorengan, makanan asin, karbohidrat olahan, dan makanan kemasan. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi makanan dan minuman berikut ini.

Teh hijau

Teh hijau memiliki banyak manfaat untuk kulit. Penelitian menunjukkan bahwa polifenol yang melimpah dalam teh hijau –EGCG– akan mengaktifkan kembali sel kulit yang bisa membantu memperbaiki sel kulit, termasuk mengurangi keriput.

Sebuah studi tahun 2011 yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition mengungkapkan bahwa orang yang minum teh hijau setiap hari selama 12 minggu memiliki kulit yang mulus, halus, elastis dan terhidrasi. Para peneliti juga menyebutkan bahwa teh hijau ini akan meningkatkan aliran darah dan oksigen ke kulit.

Agar kulit makin cerah, tambahkan beberapa  perasan jeruk lemon ke dalamnya maka kandungan antioksidannya akan semakin mudah terserap ke dalam tubuh.

 

Salmon

Ikan salmon mengandung omega-3 yang sangat tinggi. Beberapa jenis ikan berminyak lainnya seperti salmon dan sarden memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa mengurangi iritasi dan membuat kulit jadi halus, kulit terhidrasi, kata Glassman.

Ikan ini mengandung astaxanthin karotenoid yang diklaim bisa meningkatkan elastisitas kulit. Selain salmon, ikan tuna juuga bisa membantu mempertahankan elastisitas kulit dan melawan radikal bebas yang merusak sel dan mempercepat penuaan. Tuna mengandung senyawa mineral selenium di dalamnya. Salmon juga mengandung protein tinggi yang bisa mempercepat proses metabolisme tubuh yang akan meningkatkan energi.

Kacang

Kacang-kacangan juga mengandung selenium yang tinggi. Kacang yang paling tinggi kandungan seleniumnya adalah kacang Brasil.

Kacang lainnya yang sangat bermanfaat untuk mengatasi kulit lelah adalah kacang kenari. Kenari merupakan sumber lain asam omega 3 dan magnesium. Kedua mineral ini bisa meningkatkan aliran darah ke kulit dan membuat kulit jadi sehat bercahaya.

Almond juga bermanfaat untuk mengatasi kelelahan. Kandungan magnesiumnya akan membantu mengubah gula menjadi energi. Sedangkan kandungan protein dan seratnya akan menyuplai energi ke tubuh tanpa henti.

Bayam

Sayuran hijau kesukaan Popeye ini mengandung vitamin C yang tinggi. Bayam juga bisa membantu meningkatkan kolagen yang menjaga kulit halus dan bebas dari garis kerutan halus.

Sebagai antioksidan, vitamin C juga akan membantu melawan radikal bebas. Selain bayam, sayuran lain yang mengandung banyak air, misalnya kale akan membantu melembapkan dan menghidrasi kulit.

Kale juga berguna untuk menambah asupan energi ke tubuh. Protein, serat dan kandungan antioksidannya yang tinggi membuat tubuh jadi bersemangat.

Tahu

Bosan makan tahu? Pikirkan lagi. Makanan lembut berbahan kedelai ini ternyata bermanfaat mengencangkan kulit. Tahu bisa mengatasi kulit yang kendur. Sebuah penelitian di Jepang, mengutip Prevention, menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi kedelai memiliki kulit kencang dan bebas kerutan halus setelah mengonsumsi tahu selama 12 minggu. Tahu mengandung aglycone dan isoflavon yang banyak manfaatnya.

Kiwi

Buah kecil yang berwarna hijau dan kuning ini mengandung vitamin C yang tinggi. Buah ini diklaim bisa mengurangi peradangan. Sebuah studi tahun 2007 yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa perempuan yang diet tinggi vitamin C akan memiliki kulit lebih muda dan kerutan yang lebih sedikit.

Buah

Beberapa buah akan membantu meningkatkan jumlah energi dalam tubuh. Alpukat misalnya. Buah ini mengandung asam lemak yang menghindari peradangan yang berhubungan dengan stamina tubuh.

Buah lainnya adalah bluberri. Buah hitam kecil ini merupakan buah yang kaya antioksidan. Antioksidannya akan menghambar radikal bebas yang merusak sel dan menyebabkan kelelahan. Karbohidrat sehat akan membantu menembalikan energi tubuh tanpa menambah jumlah gula tinggi dalam tubuh.

Buah lainnya, Goji berri berguna untuk meningkatkan aliran darah dan juga kewaspadaan tubuh.

Sumber Oleh : cnnindonesia.com