PT Bestprofit Medan

Turunkan risiko stroke dengan minum teh hijau dan kopi

Best Profit Futures 6Best Profit – Kopi atau teh hijau? Jangan bingung, karena kedua minuman ini bisa memberikan manfaat yang sama untuk menurunkan risiko stroke, berdasarkan penelitian terbaru.

Hasil tersebut didapatkan peneliti setelah mengamati 83.269 orang dewasa di Jepang berusia 45 sampai 74 tahun. Mereka diminta untuk menuliskan kebiasaan meminum teh hijau dan kopi. Kemudian peneliti mengamati kemungkinan terkena penyakit jantung, stroke, dan kematian selama 13 tahun.

Mereka menemukan bahwa orang yang mengonsumsi setidaknya satu cangkir kopi sehari memiliki risiko stroke 20 persen lebih rendah dibandingkan orang yang jarang mengonsumsi kopi, seperti dilansir oleh CBS News (16/03).

Sementara itu, orang yang minum dua sampai tiga cangkir teh hijau setiap hari memiliki risiko stroke 14 persen lebih rendah. Orang yang minum hingga empat cangkir atau lebih teh hijau memiliki kemungkinan stroke 20 persen lebih rendah. Peneliti juga menemukan bahwa orang yang minum teh hijau lebih suka berolahraga dibanding peminum kopi.

Penelitian sebelumnya mengungkap bahwa orang yang minum dua cangkir kopi setiap hari berisiko terkena penyakit jantung koroner. Namun peneliti percaya ha tersebut dipengaruhi oleh kebiasaan lain seperti merokok. Sementara pada penelitian ini peneliti telah menghitung faktor risiko lain seperti merokok, minum alkohol, berat badan, olahraga, dan diet.

Peneliti belum yakin apa penyebab teh hijau dan kopi bisa menurunkan risiko stroke. Namun mereka percaya zat yang terkandung di dalam minuman tersebut penyebabnya. Dalam teh hijau terdapat zat yang dinamakan catechins. Zat antioksidan ini memiliki khasiat mengurangi peradangan. Sementara pada kopi terdapat zat bernama chlorogenic acid yang menurunkan risiko terkena diabetes tipe-2 dan stroke.

PT.BESTPROFIT FUTURES MEDAN

Sumber : kotamedannews.com