PT Bestprofit Medan

XL Axiata Kucurkan Rp3,3 Triliun untuk Kembangkan Teknologi 4.5G

PT Bestprofit Futures Medan

PT Bestprofit Futures Medan

– PT XL Axiata, Tbk melalui siaran pers yang diterima Tech in Asia, mengumumkan telah menyiapkan dana sekitar US$250 juta (Rp3,3 triliun) untuk mengembangkan layanan 4G selama 2016. Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini lebih lanjut mengatakan bahwa dana tersebut juga dialokasikan untuk mempersiapkan layanan 4.5G.

Jaringan 4.5G diklaim memiliki keunggulan pada sisi kecepatan dan kestabilan koneksi internet yang lebih baik. Selain itu, langkah ini juga ditujukan untuk mendukung pemerintah dalam implementasi layanan 4.5G saat digelarnya event Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang.

PT Bestprofit Futures Medan

Vice President LTE XL Axiata, Rahmadi Mulyohartono, menambahkan bahwa secara teknologi, perusahaan sudah siap mulai menyediakan layanan 4.5G.

“Salah satu indikasinya adalah kami saat ini telah menerapkan teknologi 4T4R (4 transmitter, 4 receiver) yang sebenarnya merupakan teknologi versi advanced dari 4G. Sejauh ini baru XL yang menerapkan 4T4R, yang bisa dianalogikan sebagai ‘jalan tol’ bagi jaringan 4G. Target XL, pada 2017 nanti 4.5G sudah siap untuk dinikmati pelanggan di Indonesia,” kata Rahmadi.

Teknologi 4T4R milik XL saat ini sudah diterapkan di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Denpasar. Rencananya perusahaan akan terus memperluas teknologi ini ke kota-kota lainnya.

Selain dari segi kecepatan dan kestabilan, jaringan 4.5G juga memberikan perusahaan telekomunikasi efisiensi yang memungkinkan kapasitas BTS meningkat berlipat dibandingkan teknologi generasi 4G sebelumnya.

Genjot percepatan infrastruktur 4G yang lebih merata

Dalam melakukan pengembangan teknologi 4.5G, XL juga tidak lupa untuk terus memperluas jaringan 4G miliknya agar lebih merata di seluruh Indonesia. Kini, XL mengklaim bahwa para pelanggan yang tersebar di 86 kota Indonesia sudah bisa menikmati layanan 4G LTE. Layanan ini didukung oleh 6.500 unit BTS 4G LTE.

XL lebih lanjut menyebut bahwa jumlah BTS khusus 4G ini merupakan yang terbanyak di antara operator 4G GSM lainnya di Indonesia. Instalasi BTS 4G oleh XL masih akan terus berlangsung. Perusahaan optimis bahwa mereka tak sekadar memperluas wilayah layanan, tetapi juga meningkatkan kualitas. Read more PT Bestprofit Futures Medan